Hadapi Mudik dan Lebaran, PLN Pastikan Pasokan Listrik di Seluruh Indonesia Terkendali

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa pasokan listrik menjelang hari raya Idul Fitri dan libur lebaran sangat aman. PLN dinilainya berhasil menyeimbangkan pasokan dan demand, dengan reserve margin 30%. 

Dia mengatakan bahwa memang ada pergeseran beban dari kondisi biasa akibat adanya mudik lebaran. 

“Arus mudik angkanya lebih dari 20 juta. Tadinya dari kota kota besar seperti di Jakarta, Bandung, dan kota lainnya bergeser ke daerah. Beban di Jakarta, Jabar, Jatim berkurang. Tapi diikuti dengan beban kenaikan di Jateng dan wilayah lain,” ujar Darmawan dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (1/5/2022). 

Dia mengatakan, ada penurunan di sektor industri dan bisnis yang berhenti beroperasi selama libur lebaran, tetapi ada peningkatan komsumsi rumah tangga. Kendati demikian, Darmawan melaporkan bahwa pasokan listrik di seluruh wilayah Indonesia dipastikan memadai. 

“Saat ini, pembangkit listrik PLN menghasilkan total 64,3 GigaWatt (GW), sementara beban puncak yang dideteksi oleh PLN di kisaran 30 GW hingga 31 GW, sehingga, dari sudut pandang kami, kebutuhan listrik Idul Fitri akan aman, terlebih misalnya di Jawa-Bali pasokan mencapai 32 GW sementara beban pucak hanya 19,5 GW. Jadi, masih cukup,” terangnya.

Baca Juga  Tingkatkan Kesiap Siagaan, Korem 151/Binaiya Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Sementara itu, daya pasok listrik PLN di wilayah Sumatera-Kalimantan mencapai 10,4 GW dengan beban puncak 7,76 GW. Kemudian, pasokan listrik Sulawesi, Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara mencapai 3,5 GW, sementara beban puncak 2,9 GW.

“Angka ini dipastikan cukup, dan tidak hanya itu, PLN juga berfokus pada keamanan pasokan energi primer di pembangkit rata-rata di atas 15 hari. Kami berharap tidak ada disrupsi selama masa Lebaran,” ucap Darmawan.

Sebagai informasi, PLN menyiapkan Siaga Lebaran pada H-7 hingga H+9 yang diperpanjang hingga H+14. Untuk Posko Siaga Lebaran, PLN menyiapkan 2.982 posko dengan lebih dari 50 ribu personel.

(red/idx-chanel)