Hadapi Natura, BI Perwakilan Maluku Siapkan Rp1,2 triliun

oleh -49 views
Link Banner

Porostimur.com |Ambon: Gina memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi perayaan Natal 2019 dan memasuki Tahun Baru 2020, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Maluku menyiapkan dana Rp1,2 triliun.

Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku Noviarsano Manullang menjelaskan, uang sebesar itu disiapkan untuk keperluan masyarakat di Kota Ambon maupun masyarakat yang ada di 10 kabupaten dan kota lainnya yang ada di Maluku.

“Dana di bank-bank yang ada di Kota Ambon maupun di kabupaten maupun pada kas keliling milik BI Maluku di tiga wilayah masing-masing Fak Fak, Provinsi Papua Barat, Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Taninbar l, Maluku dan Kota Namlea, Kabupaten Buru, Makuku sudah tersedia,” kata Manullang di Ambon, Kamis (19/12/2019).

Baca Juga  Polres Kepsul Temukan Satu Kardus Berisi Cap Tikus di Pasar Basanohi Sanana

Manullang bilang masyarakat tidak perlu kuatir untuk melakukan penukaran uang dalam nominal kecil pun disiapkan, bahkan BI juga menganjurkan masyarakat yang ada di Ambon untuk melakukan transaksi dengan uang dalam kondisi yang baik, sebaliknya masyarakat yang mempunyai uang lusuh atau yang sudah jelek harus ditukarkan lagi ke bank BI.

“Jadi BI Maluku sudah siapkan kebutuhan uang untuk mencukupi kebutuhan masyarakat hadapi perayaan Natal dan tahun baru,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan untuk penyiapan kebutuhan modal juga dilakukan koordinasi dengan lembaga perbankan untuk bisa melakukan penukaran di bank masing-masing, BI sendiri juga sudah melakukan kas keliling yang berlangsung dari tanggal 12 hingga 16 Desember 2019 guna membantu masyarakat di daerah ini.

Baca Juga  Akreditasi Puskesmas Waesala, Kemenkes RI Turunkan Tim Survei

“Kalau di Ambon kegiatan ini berlangsung di tempat-tempat keramaian termasuk dikawasan Gong Perdamaian, sedangkan di luar Ambon melalui kas titipan,” ujarnya.

Jadi, BI Maluku sudah melakukan koordinasi-koordinasi dan pengiriman-pengiriman sejak Nopember 2019 guna menutupi kebutuhan kas di daerah tersebut.

Karena itu, posisi uang untuk keperluan masyarakat menghadapi Natal 25 Desember 2019 dan memasuki tahun baru 1 Januari 2020 cukup aman. (keket)