Hadapi Natura, Bulog Maluku-Malut Siapkan 13 Ribu Ton Beras

oleh -18 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Perum Bulog Divre Maluku dan Maluku Utara menyiapkan 13 ribu ton beras dalam menghadapi hari besar Natal dan Tahun Baru 2021.

Beras tersebut, diperkirakan cukup untuk konsumsi maayarakat hingga lima bulan kedepan.

Selain beras, 200 ton gula pasir dan 16 liter minyak goreng serta terigu juga siap didistribusikan ke masyarakat.

“Saya kira cukup aman, gula pasir yang baru masuk 200 ton untuk Ambon, 100 ton buat  Ternate dan 100 ton lagi untuk Tual,” jelas Kepala Bulog Divre Maluku-Maluku Utara, Muhammad Taufik, Kamis (16/12/2020) di Ambon.

Taufiq bilang, selain menghadapi Natal dan tahun baru, Bulog juga melayani paket mandiri sebanyak seribu paket sembako yang nanti didistribusikan ke masyarakat pada waktu yang sudah ditentukan.

Baca Juga  Inggris Kuasai Eropa, Perebutan Empat Besar Premier League Terancam Antiklimaks

“Untuk paket mandiri kami buka hari Senin sampai Sabtu pagi untuk masyarakat” katanya.

Selain Kota Ambon yang sudah disiapkan khusus dengan stok beras mencapai 13 ribu ton, kata Muhammad Taufik, pagu beras untuk Kota Ternate sebanyak 6 ribu ton.

Muhammad Taufik berharap, masyarakat tidak kuatir dengan ketersediaan beras di pasaran. Pasalnya, Bulog juga memiliki “buffer stok” yang siap menyangga kebutuhan beras masyarakat termasuk dalam kondisi bencana alam yang jumlahnya sama dengan banyaknya beras yang disiapkan menghadapi Natal dan tahun baru tersebut.

Diakuinya, gudang Bulog beras yang baru di di Desa Kobisonta Kabupaten Maluku Tengah ikut memperkuat ketersediaan beras di Maluku. Sentra produksi beras yang ada, diharapkan mampu menopang stok beras sesuai target Bulog. (red/katim)