Hadapi Perubahan Iklim, Penjabat Wali Kota Ambon Ungkap Peran Pers

oleh -19 views

Porostimur.com, Ambon – Isu lingkungan dan perubahan iklim menjadi salah satu isu global yang mesti disikapi secara bijak oleh semua pihak, bukan saja pemerintah dan masyarakat tetapi juga dunia pers.

Demikian disampaikan Pj. Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena dalam sambutannya, saat membuka Pelatihan Jurnalistik Lingkungan dengan tema Jurnalisme Lingkungan di Era Media Sosial yang digelar Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Maluku bersama Perhimpunan Kreativitas Anak-anak Alam (Kanal) Ambon, Sabtu (13/1/2024) di Ruang Rapat Vlissingen Balai Kota.

“Kita sementara mengalami perubahan iklim, cuaca yang luar biasa kita bisa rasakan Sendiri di kota Ambon. Ini situasi dan kondisi yang kalau boleh kita sampaikan sangat mencemaskan dan memperihatinkan,” ujarnya.

Baca Juga  Arsenal Ngeri-ngeri Sedap di 2024

Wattimena menjelaskan, dalam upaya untuk membangun pengetahuan dan kesiapan masyarakat terkait dengan perubahan iklim atau lingkungan dimaksud, maka dibutuhkan kolaborasi dari seluruh stakeholder yang terkait.

“Berbagai isu lingkungan yang terkait perubahan iklim itu mesti diketahui oleh masyarakat. Sehingga peran pers sangat penting dan strategis agar masyarakat ini bisa mengetahui tentang isu lingkungan dan perubahan iklim,” terang Wattimena.

Menurutnya, terkait dengan isu lingkungan tersebut, maka yang menjadi tanggung jawab bersama untuk diminimalisir bahkan bahkan kalau bisa dieliminir adalah mengenai sampah.

“Ya saya harus sampaikan ini karena memang kalau kita lihat telah terjadi perubahan yang cukup baik soal penanganan sampah,Tetapi belum sama sekali menyelesaikan persoalan sampah di kota Ambon,” akunya.

Untuk itu, dalam menyelesaikan persoalan sampah ada 3 (tiga) hal yang harus dilakukan yakni; peningkatan dan perbaikan infrastruktur pengelolaan sampah, penyebaran informasi tentang kebijakan pemerintah, serta edukasi guna membangun partisipasi dan kesadaran masyarakat.

Baca Juga  Influencer Diperkosa oleh 7 Pria di India Saat Keliling Dunia dengan Motor

“Saya selalu katakan bahwa kebijakan pemerintah sebagus apapun disusun dengan memperhatikan berbagai pertimbangan-pertimbangan dan memilih alternatif terbaik tetapi ketika diimplementasikan tanpa partisipasi masyarakat tidak ada satupun yang akan berhasil jadi pemerintah kota berterima kasih kepada JMSI dan Kanal Ambon yang telah berupaya untuk berkolaborasi bekerja sama dengan pemerintah kota untuk mengedukasi masyarakat melalui peran jurnalisme,” pungkasnya. (Iswandi Kelilauw)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.