Hadapi Ramadan dan Idul Fitri 2022, BI Perwakilan Maluku Siapkan Uang Tunai Rp 834 Miliar

oleh -55 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Ramadan hingga Idul Fitri 1443 Hijriah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Maluku menyiapkan uang tunai Rp834 miliar

Kepala KPw BI Maluku, Bakti Artanta dalam jumpa pers di Kantor BI Maluku, Selasa (5/4/2022) sore menjelaskan, untuk jumlah uang Rp834 miliar itu, sebanyak Rp40 miliar diperuntukkan untuk Uang Pecahan Kecil (UPK) sedangkan sisanya untuk Uang Pecahan Besar (UPB) termasuk persiapan di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Dan untuk memastikan kebutuhan uang Rupiah tersedia dalam jumlah cukup dan kualitas layak edar, maka BI Maluku berkoordinasi dengan perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk menjaga ketersediaan uang di mesin ATM.

Baca Juga  Kapolda dan Gubernur Maluku Tinjau Pos PSBB di Kota Ambon

“Tercatat ada kenaikan persediaan uang sebanyak 27 persen. Pada 2021 realisasinya Rp656 miliar dan 2022 ini Rp834 miliar,”papar Bakti

Iapun mengingatkan perbankan untuk ikut mendukung ketersediaan uang layak edar di ATM sekaligus melakukan kontrol. Bila ada peringatan atau pemberitahuan uang kosong di ATM harus cepat direspon.

“Jangan sampai kita bicara penukaran uang, tapi ATMnya kosong,ini kan sama saja,”kata Bakti.

Ketersediaan uang tegas Bakti akan dioptimalkan pula melalui Kas Titipan bekerjasama dengan perbankan maupun kegiatan Kas Keliling BI, agar dapat menjangkau semua wilayah.

Sementara di dalam Kota Ambon, BI bekerjasama dengan 18 perbankan.Nantinya ada 50 titik dijadikan layanan penukaran uang. Bakti optimis, jumlah uang miliaran itu tercukupi.

Baca Juga  KSAD Andika Pimpin Sertijab 4 Jabatan Strategis, Termasuk Pangdam Pattimura

Untuk kegiatan Kas Keliling di Ambon dilakukan 7 kali selama Ramadhan. Jadwal pertama pada Rabu 6 April di Terminal Mardika, 12 April di Ambon Plaza (Amplaz), 14 April di Maluku City Mall (MCM), 19 April di kawasan Bundaran dr. J. Leimena Poka, 21 April di Gong Perdamaian Dunia, 26 April di Ambon City Center (ACC) Passo dan 28 April di Lapangan Merdeka Ambon dimulai sejak pukul 10:00 hinggat 12:00 WIT.

Bakti menambahkan, masyarakat dapat melakukan pemesanan penukaran uang rusak atau cacat melalui aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) Bank Indonesia (BI), melalui laman https://pintar.bi.go.id.

Pemanfaatan aplikasi PINTAR untuk layanan penukaran uang rusak merupakan salah satu upaya BI dalam meningkatkan layanan kas kepada masyarakat dan untuk terus memperkuat layanan publik di masa Pandemi Covid-19, dengan mengurangi antrian pemesanan pada layanan penukaran. (Keket)