Haji Wada’, Haji Perpisahan Rasulullah SAW dengan Umatnya

oleh -8 views

Dalam perjalanan hidup Baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, salah satu momen besar yang menjadi perpisahan beliau dengan umatnya adalah peristiwa haji wada’, haji perpisahan.

Tepatnya, pada bulan Dzulqa’dah tahun 10 Hijriyah, mulailah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mempersiapkan diri untuk menunaikan haji yang pertama sekaligus yang terakhir dalam kehidupan beliau. Yang kemudian dicatat sejarah dengan istilah haji wada’.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyeru kaum muslimin dari berbagai kabilah untuk menunaikan ibadah haji bersamanya. Diriwayatkan, jemaah haji pada tahun itu berjumlah lebih dari 100.000 orang bahkan lebih.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berangkat dari Madinah menuju Makkah saat bulan Dzulqa’dah tersisa empat hari lagi. Beliau berangkat setelah menunaikan salat zuhur dan sampai di Dzil Hulaifah sebelum ashar. Di tempat itu, beliau menunaikan salat ashar dengan qashar, kemudian mengenakan pakaian ihram.

Baca Juga  Masjid Al-Iza STAIN RW 10- RT 17 Sembelih 6 Hewan Kurban, Tak Semua Warga Kebagian

Setelah menempuh delapan hari perjalanan, sampailah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di tanah kelahirannya, tanah suci Makkah al-Mukaramah. Beliau berthawaf di Kakbah, setelah itu sa’i antara Shafa dan Marwa.

Pada tanggal 8 Dzulhijjah 10 Hijriyah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berangkat menuju Mina. Beliau salat zuhur, ashar, maghrib, dan isya di sana. Kemudian bermalam di Mina dan menunaikan salat subuh juga di tempat itu.

No More Posts Available.

No more pages to load.