Hak Pekerja Dikebiri, Federasi Serikat Buruh Lapor PT MBS ke Polres Tanimbar

oleh -18 views

Porostimur.com, Saumlaki – Hak pesangon sembilan pekerja PT. Makmur Bahari Sukses (MBS) yang berlokasi di Pengeringan Pelabuhan Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, selama setahun tak berujung penyelesaian, kendati telah dimediasi oleh Disnaker Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Sembilan pekerja yang mengabdi pada perusahaan tersebut selama lima tahun berakhir dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh pihak perusahaan dan mengabaikan hak pesangon senilai Rp114 juta.

Lantaran itu, kesembilan pekerja berinisial JK, LS, AN, AT, SM, FA, NO, NK, JS, langsung mendatangi SPKT Polres Kepulauan Tanimbar, didampingi Advokasi Federasi Serikat Pekerja Tanimbar melaporkan saudara AS, selaku penanggungjawab perusahaan MBS.

“Saya harap cepat terbayar, karena sudah sangat lama, ada apa tahan kami punya hak, kami kepastian hukum dan keadilan, ini contoh untuk perusahaan lain, jangan seperti yang kami rasakan,” tegas JS kepada media ini, Rabu (29/11/2023).

Sementara itu, pimpinan Federasi Serikat Pekerja Maluku, Dimas Luanmasse, menegaskan sangat diharapkan niat baik pihak perusahaan segera selesaikan hak pekerja dan jangan berkilah apalagi mencoba menghilang dari Tanimbar, mengingat aset perusahaan ini telah dipindahtangankan ke pihak lain berinisial RL dengan nilai milyaran rupiah.

“Saya minta saudara AS jujur, uangnya sudah ada, mengapa dari Rp 114.000.000,- hanya mau bayar Rp 40.000.000,-. Disnaker KKT diminta buat BAP, hak pekerja segera dibayarkan sesuai regulasi upah pekerja” tutup Dimas.

AS ketika dikonfirmasi media ini sama sekali belum memberi jawaban, namun diketahui, dia telah memenuhi panggilan kepolisian untuk dimintai keterangannya. (Frets Besitimur)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.