Hakim PN Manado Tolak Eksepsi Terdakwa Kasus Korupsi Dana PAUD

oleh -96 views
Link Banner

Porostimur.com | Bitung: Majelis Hakim Pengadilan Negeri Manado, Provinsi Sulawesi Utara, menolak nota keberatan (Eksepsi) yang diajukan oleh terdakwa kasus korupsi dana Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), Kamis (19/9).

Persidangan yang berlangsung pada Selasa 17/9/2019 kemarin, menghadirkan dua terdakwa bernama FT alias Fer (52) dan MK alias Maxi (44).

Terkait dengan persidangan tersebut, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Bitung, Budi Kristiarso SH mengatakan, sidang eksepsi minggu lalu dalam putusan sela. Eksepsi yang diajukan pihak terdakwa ditolak majelis hakim

Kemudian, sidang dilanjutkn dengan pemeriksaan saksi dan alat bukti lain. Saksi yang dihadirkan dari Dinas Pendidikan Kota Bitung.

Sedangkan Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Bitung menambahkan, Andreas Atmaji SH pada pokoknya bahwa pengelolaan dana PAUD harus secara mandiri bebas campur tangan pihak manapun, termasuk pihak Dinas Pendidikan Kota Bitung.

Baca Juga  Hanubun: Jangan Kaitkan Politik Dalam Proses Pembangunan Sarana Ibadah

Dana PAUD harus diterima secara utuh dan tidak boleh dilakukan pemotongan untuk alasan apapun karena itu bertentangan. Dimana, terdakwa Fer diduga melakukan pemblokiran rekening PAUD guna disalurkan kepada terdakwa Maxi dengan dalih pembayaran pengadaan buku PAUD, tungkas Andreas.

Adapun kasus ini bergulir sampai ke meja hijau karena Fer dan Maxi melakukan tindak pidana korupsi DAK bantuan operasional penyelenggaraan PAUD TA 2016 dan menyebabkan negara rugi Rp 557.346.152. (Dan)