Hamas dan Houthi Gelar Pertemuan Langka, Apa yang Dibahas?

oleh -24 views

Porostimur.com, Gaza City – Para tokoh senior dari kelompok Hamas dan pemberontak Houthi, yang sama-sama didukung oleh Iran, menggelar pertemuan langka. Pertemuan itu dilaporkan membahas koordinasi tindakan kedua kelompok tersebut terhadap Israel.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (16/3/2024), pertemuan langka antara Hamas dan Houthi itu diungkapkan oleh sumber-sumber faksi Palestina kepada AFP.

Hamas dan Houthi termasuk dalam “poros perlawanan” yang merupakan aliansi kelompok yang didukung Iran yang memusuhi Israel dan Amerika Serikat (AS). Terdapat juga Hizbullah dan milisi-milisi pro-Iran di wilayah Irak dalam kelompok tersebut.

Houthi telah menyerang kapal-kapal komersial di jalur pelayaran utama di Laut Merah dan sekitarnya selama berbulan-bulan sejak perang berkecamuk antara Hamas dan Israel di Jalur Gaza pada 7 Oktober tahun lalu. Mereka mengatakan bahwa serangannya menargetkan kapal-kapal terkait Israel sebagai bentuk solidaritas untuk warga Palestina di Jalur Gaza.

Baca Juga  Hingga Mei 2024 Polda Maluku Ungkap 98 Kasus Narkoba, Tersangka 119 Orang

Menurut sumber-sumber dari Hamas dan Jihad Islam, para pemimpin dari dua kelompok Islamis Palestina itu, serta Front Populer Marxis untuk Pembebasan Palestina, menggelar “pertemuan penting” dengan perwakilan Houthi pekan lalu.

No More Posts Available.

No more pages to load.