Hampir 10 Juta Gen Z Nganggur, Menyingkap Sisi Gelap Generasi Z

oleh -18 views

Oleh: Yohanes Enggar, Editor Kompas.com

GEN Z, generasi yang lahir antara tahun 1997 dan 2012, kembali menjadi sorotan karena mendominasi data pengangguran di Indonesia.

Pengangguran dimaksud: tidak bekerja, tidak melanjutkan pendidikan atau istilahnya NEET (not in employment, education, and training/NEET) alias do nothing.

Jika diungkap lebih rinci, jumlah Gen Z yang menjadi pengangguran atau tidak memiliki kegiatan berdasarkan data BPS (2021-2022) mencapai 9.896.019 orang pada Agustus 2023. 

Dari jumlah itu, NEET Gen Z didominasi perempuan sebanyak 5,73 juta diikuti 4,17 juta laki-laki. Angka itu setara dengan 22,25 persen dari total penduduk usia muda di Indonesia. 

Hal ini tentu membuyarkan “dongeng-dongeng” Gen Z yang banyak berseliweran di media kita: Anak Gen Z yang suka jalan-jalan daripada menabung beli rumah, Pekerja Gen Z yang memilih resign daripada kena isu mental health atau si Paling Gen Z yang punya perhatian pada isu lingkungan dan sosial.

Baca Juga  Bucin, 5 Zodiak Ini Terlalu Dalam Mencintai Pasangannya

Rasanya asik jika bisa menjadi bagian dari Gen Z: Bergaya Skena dan duduk manis ala Vincent, ikutan war tiket konser Cold Play hingga Taylor Swift, bergaya kultur Gen Z Jaksel yang beda tongkrongan dengan Gen Z Jakbar, atau jadi Gen Z Surabaya yang meski berlogat medok, tapi sudah menyandang “Crazy Rich” di usia muda.

No More Posts Available.

No more pages to load.