Harga “Barito” di Pasar Mardika Ambon Stabil

oleh -61 views
Link Banner

@porostimur.com | Amhon: Harga bahan-bahan dapur seperti bawang, rica dan tomat (Barito) di kota Ambon bulan Juli ini masi stabil.

Pantauan Porostimur.com, hari ini Minggu (29/19) di pasar tradisional Mardika, di temukan variasi harga yang masi sama dengan awal Juli lalu.

Untuk bawang merah dan bawang putih, terpantau hari ini di temukan variasi harga antara Rp 35 hingga Rp 38 ribu/kg. Variasi tersebut sama dengan harga pada awal bulan ini.

Tomat, malah mengalami penurunan harga. Hari ini, dari 8 pedagang yang di pantau, di temui variasi antara Rp 14 ribu hingga 16 ribu/kg-nya. Sementara tiga pekan lalu, ditemukan pada angka Rp 16 ribu hingga 25 ribu/kg.

Kata pedagang, bulan ini pasokan tomat lumayan tersedia.

Baca Juga  Kapolres Buru Koordinasi Tahapan Pilkada Dengan KPU Buru Selatan

Dan untuk harga cili besar, pedagang mengaku, relatif sama setiap hari pasca lebaran idul fitri hingga akhir Juli ini. Dimana, harga terpantau dengan variasi Rp 30 ribu hingga Rp 45 ribu/kg.

Salah satu pedagang, Desi menuturkan, Variasi harga terjadi karena pedagang mendapat barang dari pemasok yang berbeda dengan harga yang berpeda pula.

Selain itu, menurut Desi, variasi harga juga di picu oleh pendekatan pedagang dalam meraih konsumen.

Sementara itu, untuk harga cili kecil (cabai rawit) masi tetap kokoh pada angka Rp 90 ribu hingga Rp 100 ribu perkilogram. Menurut para pedagang, lompatan harga terjadi sejak tiga pekan terakhir ini.

Mama Ifa menyebut, belakangan cili mengalami kelangkaan. Sebab, kata dia, petani cili lagi gagal panen.

Baca Juga  Puncaki Klasemen Liga Inggris, Southampton Olok-olok Donald Trump

“Beta punya langganan yang biasa bawa cili, su seng bawa barang lai. Cili mahal. Musim ini cili lagi seng bae” ucapnya. (Dayon)