Harga Bawang di Ambon Melonjak, Pedagang Pasar Mardika Mengeluh

oleh -46 views

Porostimur.com, Ambon – Sejumlah Pedagang di Pasar Mardika, Kota Ambon, mengeluh akibat harga bawang mengalami kenaikan dari sebelumnya. Saat ini harga bawang pada sejumlah pasar di Kota Ambon, berkisar Rp45 ribu per kilogram untuk Bawang Putih dan Bawang Merah dijual dengan harga Rp40 ribu per kilogram.

“Saat ini harga bawang belum normal dan mungkin akan naik, karena gagal panen. Sebab bawang dipesan langsung dari Surabaya ke Ambon, kalau bawang putih impor dari China ke Surabaya, setelah itu baru ke Ambon,” kata Sena saat ditemui wartawan di tempat jualannya, Kamis (30/5/2024).

Menurut dia, harga bawang naik disebabkan karena beberapa daerah yang menjadi sentra penghasil belum masuk masa panen raya, sehingga stok di pasaran tidak banyak.

Baca Juga  Kementerian KP Dorong Maluku Jadi Pusat Distribusi Daerah Perikanan

Sena menambahkan, sudah sekitar enam bulan lamanya stok bawang putih harganya lebih mahal dan sulit ditemukan di pasaran.

“Sebab bawang putih di impor dari cina ke Surabaya setelah itu baru ke Ambon makanya harga bawang putih agak mahal,” ucap wanita 29 tahun itu.

Pedagang lainnya di Pasar Jaga bernama Wasariu juga mengakui harga bawang putih mencapai Rp45 ribu per kilogram, sementara harga bawang merah mencapai pada Rp40 ribu per kilogram.

“Harga bawang sering naik dan turun tidak jelas belum bisa dipastikan normal atau tidak, karena setiap kapal masuk kadang harganya naik dan turun,” kata wanita berusia 41 tahun itu.

No More Posts Available.

No more pages to load.