Hari Guru ke-74, Diknas SBB Gelar Berbagai Lomba

oleh -59 views
Link Banner

@Porostimur.com | Piru : Mengusung tema ”Peran strategis guru dalam mewujudkan sumber daya manusia Indonesia unggul” dalam peringatan Hari Guru Nasional, Dinas Pendidikan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menggelar berbagai kegiatan.

Beragam kegiatan ini, sedianya akan dipusatkan penyelenggaraannya di Kota Piru.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten SBB, Dr. Mashudin Sangadji, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Piru, Kamis (21/11).

”Untuk memperingati Hari Guru Nasional ke-74, Dinas Pendidikan Seram Bagian Barat akan menggelar berbagai macam lomba untuk meningkatkan kualitas guru dan siswa dalam mewujudkan Indonesia maju,” ujarnya.

Jenis mata lomba yang akan digelar nanti, akunya, yakni lomba gerak jalan indah yang diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsnawiah (Mts) 31 regu, Sekolahan Menengah Atas (SMA) 2 regu dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 regu.

Baca Juga  Wanita Sebenarnya Lebih Gatal Secara Diam-Diam

Untuk lomba tarian daerah, akan diikuti siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidayah (MI) sebanyak 13 group.

Ada juga lomba guru berprestasi untuk semua tingkatan dan akan diikuti 19 peserta.

”Sesi lomba dilakukan selama empat hari diawali Kamis (21/11) yaitu gerak jalan indah. Dilanjutkan Jumat (22/11) Lomba tarian daerah, Sabtu (23/11) Lomba guru berprestasi dan Senin (25/11) akan gelar acara puncak Hari Guru Nasional ke-74,” tegasnya.

Momentum peringatan dimaksud, tegasnya, menjadi wadah untuk membedah dan membenah program peningkatan kapasitas dan kompetensi tenaga guru yang ada.

”Dengan momen Hari Guru Nasional ke-74 ini, untuk  Dinas Dikbud SBB menjadi penting dalam membenahi program-program peningkatan kapasitas dan kompetensi guru. Program Dikbud kedepan selain tetap fokus untuk pembenahan fisik sekolah, namun penekanan lebih diorientasikan juga untuk program non fisik. Dikbud SBB di tahun 2020 akan memprogramkan berbagai kegiatan kompetensi laga siswa dan beberapa program peningkatan karakter dan kompetensi di sekolah-sekolah  yang selama ini tidak pernah dilakukan. Tunggu saja aksi program Dikbud di 2020. Kota Piru harus menjadi barometer penting di 2020, kita galakkan lagi lomba budaya dan kesenian yang selama ini tidak pernah diprogramkan. Untuk itu Dikbud sangat butuh dukungan seluruh staekholders Saka Mese Nusa,” pungkasnya. (doddy)