Hari Ini, Kemenag akan Terbitkan Edaran Pembukaan Rumah Ibadah

oleh -121 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Menteri Agama Fachrul Razi akan menerbitkan surat edaran terkait rencana memfungsikan atau membuka kembali rumah ibadah.

“Rencana kami akan menerbitkannya, Jumat sore,” kata Fachrul, Kamis, 28 Mei 2020.

Fachrul akan melibatkan pemerintah daerah, mulai dari level gubernur, wali kota, bupati hingga kecamat dan kelurahan dalam memutuskan rencana pembukaan kembali rumah ibadah.

“Kenapa? Karena selama ini banyak sekali yang komplain, dibilang tidak adil. Masak enggak boleh salat berjamaah? Sehingga, kami berpikir mungkin adil jika kewenangan itu diberikan sampai tingkat camat dan kepala desa,” kata purnawirawan jenderal TNI Angkatan Darat ini.

Link Banner

Menurut Fachrul Razi, pembukaan kembali rumah ibadah harus mendapat rekomendasi dari camat, bupati, atau wali kota setempat sesuai level rumah ibadah tersebut.

Baca Juga  Solidaritas Pembela HAM Adukan Penetapan Status Tersangka Veronica Koman ke Komnas HAM

Syarat pemberian izin juga harus berdasarkan analisis yang matang terkait tingkat penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing. “Pokoknya, protokol kesehatan yang ketat akan kami tekankan sangat,” ujar Fachrul.

Pemberian Izin Pembukaan

Pemberian izin pembukaan rumah ibadah sesuai dengan tingkatan di level daerah. Misalnya, apabila rumah ibadah di desa maka izinnya diberikan oleh camat setempat.

Sedangkan jika masjid atau rumah ibadah lain berada di kecamatan maka izin akan diberikan dari bupati. Begitu pula jika rumah ibadah terletak di kabupaten/kota, harus seizin gubernur.

“Kita harapkan supaya situasi ini dorongan kita menekan angka penularan,” ucap Fachrul.

Izin Dievaluasi Tiap Bulan

Fachrul juga menjelaskan pemberian izin pembukaan rumah ibadah akan dievaluasi setiap bulannya. Apabila ditemukan kasus virus corona meningkat di suatu daerah, maka izin pembukaan rumah ibadah bica dicabut.

Baca Juga  Kakandepag SBT Buka Diklat Teknis Substantif di Bula

“Bisa saja bulan ini diizinkan, bulan depan tidak lagi karena penularan meningkat atau bulan ini enggak dapat izin, bulan depan dapat setelah penularan menurun,” jelas dia.

Fachrul menyatakan pihaknya akan menyusun aturan tentang revitalisasi fungsi rumah ibadah saat new normal di tengah pandemi. Nantinya akan diatur juga protokol kesehatan di rumah ibadah.

“Rencana kami dalam minggu ini sudah akan kami terbitkan tentang revitalisasi fungsi rumah ibadah pada tatanan normal baru,” tutur Fachrul Razi. (red/rtm/tempo/liputan6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *