Hari Kesembilan, Team SAR Terus Cari MV. Nur Allya

oleh -58 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate – Telah memasuki hari ke 9 hilangnya Kapal Kargo Mv. Nur Allya, Kapal dengan 25 ABK dan bermuatan Nikel tersebut hilang contak saat berlayar dari Sage Halmahera Tengah menuju Morosi Sulawesi Tenggara.

Pukul 08.00 WIT, Basarnas melakukan koordinasi dengan instansi potensi SAR terkait untuk rencana pencarian dan pemantauan terhadap MV. Nur Allya, selain itu Pemantauan dan Pemapelan kepada kapal-kapal yang melintas di laut perairan Halmahera Maluku Utara, agar secepatnya melapor ke basarnas apabila menemukan tanda-tanda keberadaan Mv. Nur Allya

Basarnas Ternate bersama team SAR gabungan terus bekerja keras untuk melakukan pencarian.

di hari kesembilan tadi, team SAR fokus melakukan pencarian di titik di temukanya tumpahan minyak dan Sekoci yang diduga milik Mv. Nur Allya, yang ditemukan di hari kedelapan pencarian oleh Basarnas Ternate dan team SAR gabungan kemarin

Link Banner
Serpihan Sekoci yang ditemukan Tim SAR

Untuk dikatahui, pada Jumat, (30/08). KN. SAR 237 Pandudewanata melaksanakan penyisiran mulai dari Barat menuju ke Timur sampai dng Selatan Pulau Obi. Pencarian yang dilakukan team SAR gabungan dengan KN SAR 237 Pandudewanata menemukan tumpahan minyak di perairan Desa Boto Obi Selatan dan selanjutnya di laksanakan pengambilan sampel setelah itu melanjutkan penyisiran ke bagian selatan Pulau Obi.

Baca Juga  Penyaluran Bantuan Capai 95 Persen, DPRD Apresiasi Pemkot Ambon

Selain tumpah minyak ditemukan juga Lifeboat yang diduga milik MV Nur Allya. Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah mengatakan, Pukul 17.44 WIT, KN. SAR 237 Pandudewanata telah selesai melaksanakan penyisiran di sebelah Barat – Timur – Selatan Pulau Obi dengan hasil tdk di temukan tanda-tanda keberadaan MV. Nur Allya. Tim SAR Gabungan juga telah melakukan pengecekan di sepanjang pesisir pantai Desa Fluk dengan hasil nihil.

Pukul 20.15 WIT, KN. SAR 237 Pandudewanata telah kembali dan sandar di pelabuhan Babang bacan. Direncanakan Pencarian akan dilanjutkan besok 31 Agustus 2019.

Unsur yang terlibat yakni Basarnas Ternate, Basarnas Ambon, Ditpolairud Polda Malut, Lanal Ternate, SROP Ternate, KSOP Ternate, KSOP Ambon, KUPP Labuha, Pos AL Bacan, Bakamla RI, Kodim 1509 Labuha, Polsek Obi Selatan, UPTD BPPP Wilayah V Panambuang, PT. Gurita Lintas Samudera, PT. Matthew Daniel International, Asuransi P n I Club, Asuransi H & M. (Red)