Hari Natal, Hujan Ringan Turun di Ambon

oleh -71 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Hujan dengan intensitas ringan akan melanda wilayah Kota Ambon pada hari Natal, Rabu (25/11).

Hujan dimulai pada siang hari sampai menjelang sore melanda Kota Ambon dan sekitarnya. Sementara padq sore hingga malam hari hampir seluruh wilayah Kota Ambon, prakiraan cuaca berawan.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologo dan Geofisika mengumumkan, dalam sepekan terakhir, bakal terjadi distribusi curah hujan cukup signifikan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera, Kalimantan, Jabodetabek, Jawa Barat, Tengah, dan Timur, Sulawesi Selatan, dan Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Kondisi ini diakibatkan adanya faktor dinamika atmosfer skala regional dan lokal terkini yaitu adanya Monsun Asia yang mulai menunjukkan aktifitas signifikan sehingga dapat menyebabkan peningkatan massa udara basah, terbentuknya pola konvergensi, perlambatan, dan belokan angin di beberapa wilayah.

Selain itu, suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia yang masih hangat dan mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia. Hingga periode Dasarian II Desember 2019, persen wilayah Indonesia telah memasuki musim penghujan.

Baca Juga  Satgas Yonarmed 9 Kostrad Melaksanakan Pelayanan Kesehatan Gratis di Desa Gemaf

BMKG memperkirakan ada potensi cuaca ekstrem dan hujan lebat pada periode libur Natal 2019 dan tahun baru 2020 di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung. Selain itu, wilayah yang dilanda adalah hujan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Umumnya hujan terjadi dimulai pada saat menjelang siang hingga sore hari. (angel)