Hari Pertama Melatih, Ini Visi Pirlo di Era Baru Juventus

oleh -73 views
Link Banner

Porostimur.com | Turin: Andrea Pirlo telah mengonfirmasi Gonzalo Higuain akan meninggalkan Juventus musim panas ini, setelah memberi tahu striker itu bahwa dia bukan bagian dari rencananya.

Pelatih berusia 41 tahun yang diumumkan sebagai pengganti Maurizio Sarri awal bulan ini, mengambil alih sesi latihan pertamanya pada hari Senin saat ia mempersiapkan musim pertamanya dalam manajemen.

Mantan pemenang Piala Dunia itu harus membuat banyak keputusan terkait masa depan pemain tertentu, dengan pemain seperti Aaron Ramsey tidak dijamin mendapat peran di klub setelah musim pertama yang sulit di Turin.

Namun, satu masalah yang telah diselesaikan adalah mengenai Higuain, dengan klub sekarang secara aktif mencari calon pelamar.

Pemain depan Juventus Gonzalo Higuain dari Argentina merayakan setelah mencetak gol selama pertandingan sepak bola Serie A Italia Sassuolo vs Juventus Turin bermain secara tertutup pada 15 Juli 2020 di stadion Mapei di Reggio Emilia, saat negara itu mengunci kuncinya yang bertujuan untuk membatasi penyebaran infeksi COVID-19, yang disebabkan oleh coronavirus baru.
Pemain depan Juventus Gonzalo Higuain dari Argentina merayakan setelah mencetak gol selama pertandingan sepak bola Serie A Italia Sassuolo vs Juventus Turin bermain secara tertutup pada 15 Juli 2020 di stadion Mapei di Reggio Emilia, saat negara itu mengunci kuncinya yang bertujuan untuk membatasi penyebaran infeksi COVID-19, yang disebabkan oleh coronavirus baru. (MARCO BERTORELLO / AFP)

“Saya telah berbicara dengan Gonzalo (Higuain),” kata Pirlo dikutip TribunJogja.com dari Daily Mail.

“Dia pemain kelas dunia, tapi kami telah memutuskan sudah waktunya bagi kami untuk berpisah. Semua hal akan berakhir.

“Kami saling memandang dan memutuskan ini adalah keputusan yang harus diambil.

Baca Juga  Banjir Bandang Hantam Flores Timur, 23 Orang Meninggal Dunia

Satu pemain yang akan bertahan adalah Paulo Dybala.

Pemain Argentina itu menjadi subjek minat serius dari Tottenham musim panas lalu, tetapi pelatih barunya menegaskan tidak akan ada peluang Spurs menghidupkan kembali kesepakatan kali ini.

“Dybala adalah pemain penting seperti yang lainnya,” katanya. 

Paulo Dybala
Paulo Dybala (Isabella Bonotto/AFP/Getty Images)

“Dia tidak pernah dimasukkan ke bursa transfer dan begitu dia kembali, dia akan menjadi bagian dari proyek ini.”

Visi Pirlo

Pada kesempatan perdana menghadapi media sejak ditunjuk sebagai pelatih Bianconeri, Andrea Pirlo menjawab pertanyaan dari jurnalis yang diundang di Allianz Stadium.

Ia membahas beberapa topik termasuk visi sepak bolanya, pemain Juve dan mentalitas yang dibutuhkan Juve untuk terus menang.

“Saya ingin membangkitkan kembali antusiasme, dengan sepak bola proaktif dan dominasi permainan.

“Saya mengatakan dua hal kepada para pemain: ‘Anda harus selalu menguasai bola dan ketika Anda kehilangannya, Anda harus segera mendapatkannya kembali.

“Saya yakin bahwa saya berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Secara taktis, kami bisa bermain dengan tiga atau empat pemain di belakang.

Baca Juga  Kunker ke Ambon, Wapres Pimpin Rakor Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Maluku

“Saya tidak memiliki model tetap. Kami harus selalu bersedia berkorban, bila ada sebuah tujuan yang harus kita capai bersama.”

Arthur Melo
Arthur Melo (fcbarcelona.com)

Ditanya tengan Arthur Melo, Pirlo menyebut bahwa mantan gelandang Barcelona itu sebagai pemain yang bagus.

“Arthur adalah pemain berkualitas yang bisa memainkan banyak peran dan akan sangat berguna sepanjang musim.

“Pemain berkualitas bisa bermain bersama di tim mana pun. Yang penting adalah setiap orang membuat pengorbanan yang diperlukan dan memikirkan tim.”

Mengenai kesan pertama saat kembali ke Juventus tapi berperan sebagai pelatih, Pirlo mengaku senang dan ingin segera melakukan pekerjaannya.

“Saya langsung merasa nyaman berada di sini, saya bertemu dengan banyak orang lagi yang sudah bekerja dengan saya.

“Antusiasme harus dibawa hari demi hari. Kami perlu berbicara dengan para pemain, meminta mereka berpartisipasi dalam latihan dan membuat mereka memahami apa yang kami inginkan dari mereka. Tujuan Juve selalu satu, menang.”

Baca Juga  Triwulan I 2019, ekonomi Maluku tumbuh solid
Foto file ini diambil pada tanggal 23 Mei 2015, gelandang Juventus Italia Andrea Pirlo berpose dengan trofi Liga Italia dalam upacara setelah pertandingan sepak bola Serie A Italia Juventus vs Napoli di stadion Juventus di Turin. Andrea Pirlo diangkat sebagai pelatih baru Juventus - klub pada 8 Agustus 2020.
Foto file ini diambil pada tanggal 23 Mei 2015, gelandang Juventus Italia Andrea Pirlo berpose dengan trofi Liga Italia dalam upacara setelah pertandingan sepak bola Serie A Italia Juventus vs Napoli di stadion Juventus di Turin. Andrea Pirlo diangkat sebagai pelatih baru Juventus – klub pada 8 Agustus 2020. (Giuseppe CACACE / AFP)

Sebagai pelatih, Pirlo membutuhkan asisten yang dapat diajak bekerja sama di lapangan dengan merekrut Igor Tudor.

“Membawa Tudor adalah keputusan saya. Saya membutuhkan asisten dengan pengalaman, yang merupakan mantan pemain, mantan bek.

“Di atas segalanya dengan tipe kepribadian tertentu, ditambah dia adalah mantan pemain Juventus, jadi itu adalah pilihan yang sempurna.”

Era baru

Datangnya musim baru berarti pelatuh baru Juventus, Andrea Pirlo, dan staf pelatih barunya sekarang secara resmi menjalankan tugasnya.

Seperti dilansir situs resmi Juventus, Matthijs de Ligt tidak hadir karena ia menjalani operasi bahu pada ulang tahunnya yang ke-21 awal bulan ini.

Hal yang sama berlaku untuk Paulo Dybala, yang terus menjalani rehabilitasi setelah mengalami cedera paha yang jelas-jelas masih mengganggunya saat Juventus tersingkir dari babak 16 besar Liga Champions oleh Lyon. (red/rtm/tribun)