Hari Pertama Test Urine, 10 Cakada di Malut Dinyatakan Negatif Narkoba

oleh -31 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Sebanyak 46 orang calon kepala daerah (cakada) dari delapan kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara mulai mengikuti tes urine di kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Maluku Utara, Senin (7/9/2020).

Terdapat 46 orang yang mengikuti tes tersebut terdiri dari empat paslon Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan tiga paslon, Halmahera Barat empat paslon, Halmahera Timur tiga paslon, Halmahera Utara dua paslon, Halmahera Selatan dua paslon, Kepulaun Sula tiga paslon, dan Kabupaten Pulau Taliabu dua paslon.

Ketua Tim Tes Urine Narkotika Pilkada Tahun 2020 Hairuddin Umaternate mengatakan, pada hari pertama tadi ada 10 orang yang tes. Yakni cakada Kota Ternate M. Tauhid Soleman dan Merlisa Marsaoly, M. DJabir Taha dan M. Guntur Alting dari Tikep, Damny Missy, Imran Lolori, James Uang, dan Djufri Muhammad dari Halbar, serta Moh. Abdu Nasar dan Anjas Taher dari Haltim.

Baca Juga  Lebaran Tujuh Hari, Masyarakat Tanah Goyang Gelar Hatam Qur'an

“Kami dari BNN Malut sudah menerima hasil tes swab Covid-19 bakal calon dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesorie Ternate sebanyak 10 orang yang dinyatakan negatif dan langsung dilanjutkan dengan tes urine,” kata Hairuddin mengutip tandaseru.com.

Link Banner

Dia menambahkan, untuk paslon lain yang belum melakukan tes urine lantaran BNN belum menerima hasil swab test mereka. Rencananya, pada Selasa (8/9/2020) besok tes urine akan dilanjutkan kembali.

“Tes urine yang dilakukan oleh 10 orang cakada pada hari ini hasilnya adalah negatif. Untuk hasil tes urine cakada kami akan kirim masing-masing kabupaten/kota pada tanggal 11 September nanti,” jelasnya.

Hairuddin bilang, sebelum pelaksanaan tes urine para kandidat diminta menyatakan komitmen program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Masing-masing paslon mengisi formulir yang sudah tersedia, baru dilanjutkan dengan tes urine.

Isi pernyataan tersebut, jika beberapa paslon sudah resmi menjadi kepala daerah maka mereka sudah akan melakukan program tersebut sesuai kesepakatan yang dituliskan.

Baca Juga  Danlantamal IX Pimpin Serah Terima Jabatan Danpomal

“Kami akan tagih pernyataan yang sudah mereka tulis,” pungkasnya. (red/tsc)