Harita Nickel Akan Bangun Pabrik Stainless Steel US$ 1 Miliar Lebih

oleh -137 views
Karyawan PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel di Site Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. (Foto: Harita Nickel)

Porostimur.com, Jakarta – PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel kian ekspansif dengan berencana membangun pabrik baja nirkarat (stainless steel) untuk melengkapi proyek hilirisasi. Perseroan diperkirakan menyiapkan anggaran lebih dari US$ 1 miliar untuk mendukung ekspansi tersebut.

Presiden Direktur Harita Nickel Roy A Arfandy mengungkapkan, secara kalkulasi, nilai investasi untuk pembangunan pabrik stainless steel tersebut di atas US$ 1 miliar dengan kapasitas pabrik mencapai dua sampai tiga juta ton.

“Saya berharap, akhir tahun ini, kami bisa finalkan negosiasi dengan investor baru, sehingga kami bisa mulai bangun pada awal tahun depan,” kata Roy, baru-baru ini.

Dia menegaskan, ekspansi perseroan ke industri stainless steel tersebut bertujuan untuk melengkapi hilirisasi dari hulu sampai hilir dengan memproses saprolite menjadi feronikel, lalu menjadi stainless steel.

Harita Nickel akan menggarap proyek stainless steel ini dengan menggandeng salah satu pemain besar stainless steel kelas dunia. Roy berharap, negosiasi antara perseroan dan calon mitra strategis segera rampung dan dapat diumumkan pada akhir tahun ini.

Baca Juga  Kisah Toleransi Khalifah Umar bin Khattab Terhadap Penduduk Yerusalem

“Doakan saja agar diskusi kami berhasil. Kami berharap bisa umumkan sebelum akhir tahun ini,” ucap Roy. Namun, saat disinggung mitra dari Tiongkok, dia menegaskan bukan dari Tiongkok.