Hasil Survei: Religiusitas Kandidat Modal Penting Menangkan Pilbup Kepulauan Sula

oleh -58 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Religiusitas jadi salah satu modal penting yang harus dimiliki kandidat untuk meraih simpati dan dukungan pemilih di Pilkada Kepulauan Sula.

Hal ini berdasarkan hasil survei internal yang dilakukan oleh Tim Kampanye calon bupati dan wakil bupati Kepulauan Sula nomor urut 2, Zulfahri Abdullah – Ismail Umasugi (ZADI-IMAM), pada tanggal 2 – 12 November 2020 lalu, dengan melibatkan salah satu lembaga survey kredibel di Indonesia.

Juru bicara paslon Zulfahri Abdullah – Ismail Umasugi (ZADI-IMAM), Kuswandi Buamona menjelaskan, Kepulauan Sula merupakan daerah yang memegang teguh adat budaya dan nilai keagamaan dengan falsafah Adat Basandi Syara.

Syara Basandi Kitabullah sudah menjadi karakter sekaligus habitus masyarakat Kepuluan Sula.

Link Banner

“Maka tidak salah masyarakat Kepuluan Sula cenderung menjadikan pemimpin yang religius sebagai salah satu dasar utama pertimbangan dalam menentukan pilihan politiknya,” ucap Kuswandi, Jumat (20/11/2020).

Baca Juga  Polres Ambon gelar lomba adzan dan mengaji

Survei internal yang dilaksanakan pada tanggal 2 – 12 November 2020 menempatkan calon bupati dan wakil bupati Kepulauan Sula nomor urut 2, Zulfahri Abdullah – Ismail Umasugi (ZADI-IMAM) sebagai sosok pemimpin yang paling religius di antara kandidat lainnya dengan perolehan sebesar 36,5 persen.

Diposisi kedua ada pasangan Hendrata- Umar sebesar 23 persen, Ningsi-Saleh 19,5 persen.

“Sementara yang masih merahasiakan jawabannya 11,5 persen dan tidak tahu tidak menjawab sebesar 9,5 persen,” papar advocat muda yang akrab disapa Wandi ini.

Data ini menunjukkan pasangan dengan akronim ZADI-IMAM punya kesempatan mendapatkan dan meraih dukungan yang lebih luas dari masyarakat Kepulauan Sula.

Menurut Wandi, perilaku memilih atau voting behavior dalam pengambilan keputusan untuk memilih atau tidak memilih kandidat calon Kepala Daerah di dalam suatu pemilihan umum (to vote) sangat menentukan.

Baca Juga  Danlantamal IX Pimpin Serah Terima Jabatan Danpomal

“ZADI-IMAM yang terkenal sangat religius sangat punya kans dan peluang lebih besar memenangkan kontestasi pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang,” ujarnya

Sementara pemilih sosiologis, lanjut Wandi, dalam memutuskan pilihan selalu berdasarkan faktor agama dan tingkat religiusitas sebagai faktor-faktor sosiologis yang dianggap mempengaruhi pilihan pemilih dalam pemilu.

“Dengan demikian pemilih Kepulauan Sula saat ini memiliki tingkat religiusitas yang sangat tinggi. Jadi kami semakin yakin jagoan kami ZADI-IMAM yang akan menjadi imam bagi rakyat Kepulauan Sula,” pungkas Wandi. (red)