Hasil Tani dan Nelayan Halbar Terus Dikirim ke Surabaya

oleh -94 views
Link Banner

Porostimur.com| Jailolo: Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat terus berupaya menggerakkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Hal ini bisa terlihat dari aktivitas pengiriman produk perikanan dan pertanian Halbar melalui jalur Tol Laut di Pelabuhan container di Matui Kecamatan Jailolo pada 31 Mei 2020 lalu.

Kadis Perindagkop dan UKM Halbar Martinus Djawa ketika dikonfirmasi Selasa, (2/6/2020), Ia mengatakan bahwa produk yang dikirim lewat container tersebut terdiri dari Kopra 210 Ton, 15 Ton Cumi dan 3 Ton Ikan Campuran, selain itu juga dimuat berbagai barang seperti 1 container kayu batang kelapa, 1 container buah kelapa dan 1 container arang tempurung.

“Produk yang dikapalkan dan dikirim ke Surabaya rata-rata merupakan produk hasil perikanan dan pertanian, seluruhnya berjumlah 19 conteiner,” ungkap Martinus.

Link Banner

Mantan Kadis Perindag Propinsi Malut ini juga mengatakan, pengiriman produk perikanan dan pertanian lewat jalur tol laut merupakan komitmen Bupati Danny Missy untuk tetap mendorong laju perekonomian daerah melalui sektor perdagangan dan jasa.

Baca Juga  Glenn Fredly Rilis Lagu 'Ada' di Hari Pattimura

“Kita akan terus mendorong kegiatan pengiriman produk ke Surabaya baik produk pertanian maupun perikanan, karena ini adalah komitmen Pak Bupati untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Halbar”, ungkapnya.

Martinus menambahkan, selain produk yang dikirim ke Surabaya, kapal tol laut saat tiba kemarin telah menurunkan berbagai macam barang kebutuhan pokok masyarakat, yang terdiri dari 1 container terigu (20 ton) dan 1 container yang berisi 10 ton gula, 10 ton kedele dan campuran air mineral.

Oleh karena itu dirinya berharap para pengusaha yang memanfaatkan jasa tol laut di Pelabuhan Matui agar terus meningkatkan produktivitasnya sehingga kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan Matui secara kontinuitas dapat berjalan lancar.

Baca Juga  Desember 2018, Pemprov targetkan Gunung Botak bebas PETI

Dari amatan porostimur.com, kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Konteiner Matui tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 terutama bagi ABK dan kru kapal tol laut. (ash)