Hati-hati, Ini 8 Kebiasaan Sepele yang Sebabkan Kanker Payudara

oleh -130 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kanker payudara bisa menyerang siapa saja. Pemicunya pun bisa beraneka macam, termasuk gaya hidup kita sehari-hari. Mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab kanker payudara dan menghindari kebiasaan tersebut pun bisa menjadi salah satu cara untuk mencegahnya. Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Melansir berbagai sumber, baca kebiasaan apa saja yang memicu timbulnya kanker payudara selengkapnya di bawah ini.

1. Minum minuman beralkohol

Minuman beralkohol.
Minuman beralkohol. Foto: pexels.com

Minuman beralkohol menjadi salah satu pemicu munculnya kanker payudara pada perempuan. Perempuan yang minum alkohol setiap hari berisiko 7%-10% lebih tinggi dari mereka yang bukan peminum alkohol. 

2. Konsumsi junk food berlebihan

Junk food.
Junk food. Foto: pexels.com

Junk food atau makanan cepat saji mengandung pengawet yang dapat membahayakan kesehatan tubuh, termasuk memicu kanker. Karena itu, perlu dibatasi konsumsinya, terutama untuk perempuan agar terhindar dari kanker payudara.

Baca Juga  Plafon Pasar Tuwokona Halsel Ambruk, Satu Orang Dilarikan Ke Rumah Sakit
Baca Juga :Waduh, Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Rambut Rontok Lho!

3. Tubuh tidak banyak bergerak

Tubuh yang pasif.
Tubuh yang pasif. Foto: pexels.com

Pekerjaan yang memerlukan kita duduk di depan layar komputer berjam-jam menyebabkan tubuh tidak aktif bergerak. Kebiasaan yang pasif seperti ini dapat menimbulkan penumpukan lemak sehingga dapat menaikkan risiko kanker payudara.

4. Tidur saat TV menyala

Tidur saat TV masih menyala.
Tidur saat TV masih menyala. Foto: pexels.com

Penelitian pada jurnal Environmental Health Perspectives tahun 2010 menunjukkan cahaya artifisial yang dipancarkan dari layar TV dapat memicu timbulnya kanker payudara dan prostat.

5. Obesitas setelah menopause

Obesitas saat sudah menopause.
Obesitas saat sudah menopause. Foto: pexels.com

Ketika memasuki masa menopause, ovarium tidak lagi memproduksi hormon estrogen, melainkan hormon estrogen dihasilkan dari jaringan lemak pada tubuh. Ketika kondisi badan obesitas saat menopause, tubuh bisa memproduksi lebih banyak hormon estrogen dengan adanya lemak tersebut sehingga merusak keseimbangan hormon dan meningkatkan risiko kanker payudara. 

Baca Juga  Kapolri Mutasi Sejumlah Kapolres, Termasuk Kapolres MBD

6. Minum dengan botol plastik

Botol plastik.
Botol plastik. Foto: pexels.com

Kebiasaan minum langsung dari botol plastik menjadi salah satu pemicu kanker karena botol tersebut terdapat bahan-bahan kimia, seperti BPA, yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormon tubuh dan menyebabkan kanker payudara.

7. Stres

Stres yang mendorong perilaku merokok dan minum alkohol.
Stres yang mendorong perilaku merokok dan minum alkohol. Foto: pexels.com

Penelitian dari National Cancer Institute menunjukkan stres tidak secara langsung menyebabkan kanker payudara, melainkan respon tubuh ketika stres, yaitu naiknya tekanan darah, kecepatan detak jantung, dan kadar gula darah. Stres juga memicu penderitanya melakukan perilaku, seperti merokok, minum alkohol, makan berlebihan di mana kebiasaan tersebut menyebabkan kanker payudara.

8. Pil KB

Pil KB.
Pil KB. Foto: pexels.com

Pil KB bekerja dengan cara mengontrol hormon estrogen pada perempuan sehingga dapat memicu pertumbuhan sel kanker payudara. Begitu juga dengan menggunakan breast implant, rings, dan patches.

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.