HCW Minta Bupati Usman Sidik Kawal Hasil Audit Inspektorat Halmahera Selatan

oleh -86 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Direktur Lembaga Anti Korupsi Halmahera Corupption Watch (HCW) Provinsi Maluku Utara, Rajak Idrus berharap Bupati Usman Sidik agar tetap mengawal hasil audit yang dilakukan Inspektorat Halmahera Selatan (Halsel).

“Perintah Bupati Usman Sidik agar inspektorat melakukan audit terhadap OPD di Halsel kami mendukung, akan tetapi jangan sampai disitu saja, harus juga dilakukan pengawalan ketat hasil auditnya,”kata Rajak Idrus dalam rillisnya yang disampaikan kepada malutsatu.com, Jumat (4/6/2021).

Sebab menurut Jack sapaan Rajak, catatan HCW inspektorat Halmahera Selatan Tidak pernah sukses untuk mengaudit semua OPD maupun dana desa yang ada di Halmahera Selatan.

Hal itu terbukti kata Jack, karena sejauh ini inspektorat ketika melaksanakan audit internal tidak pernah di ekspos hasil auditnya. Bahkan terindikasi menutupi semua audit berhungan dengan keuangan daerah.

Lanjut Jack, sehingga ketika Polisi atau Jaksa melakukan penyidikan dan penyelidikan bahkan sudah ada  gelar perkara. Namun rata-rata dugaan kasus tersebut tidak jalan karena terkendala dengan hasil audit.

Baca Juga  Hari Ini 292 Orang Datangi GVP Polda Maluku

“Apa yang disampaikan bupati adalah langkah yang tepat, akan tetapi saya sarankan harus kontrol hingga ke lapangan atas audit inspektorat. Dalam catatan HCW inspektorat Halsel tidak ada yang sukses dalam kerja kerja audit kalau tidak dikontrol maka semua akan sia-sia,”sebut Jack.

Rajak mengatakan, HCW menantang Inspektorat untuk melakukan audit di Delapan Dinas yang menjadi tren dalam pantawan HCW. Diantaraya BPBD,  Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinas Kesehatan, Dinas Nakenstras, Dinas Sosial, Dinas Pertanian serta Dinas Kelautan dan Perikanan. (sarjan)