HEBAT masih jaga peluang lolos pencalonan Pilgub Maluku

oleh -143 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon :Seperti yang sudah diprediksi pengamat politik sebelumnya, bahwa akan terjadi berhadap-hadapan atau head to head, antara pasangan bakal calon (balon) Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN) dengan Murad Ismail-Barnabas Onro (BAILEO), masih belum terbukti kebenarannya.

Pasalnya, dari hasil penelitian berkas dan pelengkapan berkas kembali oleh masing-masing pasangan balon, ternyata pasangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) justru masih tetap berpeluang lolos tahapan pencalonan.

Sabtu (20/1), sekitar pukul 15.30 WIT, di Kantor KPU Maluku, KPU Maluku kembali menggelar Rapat Pleno Terbuka Penyerahan Hasil Penelitian Berkas Syarat Pencalonan Dan Syarat Calon Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2018.

Baca Juga  Respon Reshuffle Kabinet, JAMI Rekomendasikan Putra-Putri Terbaik Maluku

Hasil penelitian berkas dibacakan oleh Komisioner KPU Maluku, La Alwi,SH,MH, menyebutkan pasangan balon HEBAT masih harus melengkapi beberapa berkas.

Khusus Herman Koedoeboen, jelasnya, sudah melengkapi Model BB 1 KWK, Surat keputusan pengadilan setempat tentang tidak terkait tindak pidana, Tidak sedang dicabut hak pilihnya dari PN setempat, Surat keterangan tidak memiliki tanggungan hutang, SKCK, Surat tanda terima LHKPN, Surat keterangan tidak sedang pailit dari PN setempat, Tanda terima surat pajak tahunan (SPT) Pemberitahuan orang/pribadi untuk masa 5 tahun terakhir, serta Foto copy ijazah/STTB yang telah dilegalisir SMA, S1 dan S2.

Sedangkan berkas yang masih belum dilengkapi yakni Model BA 8 KWK karena tidak memenuhi syarat.

Baca Juga  Tingkatkan Ibadah dan Bekerja, Polres Malteng Gelar Isra Miraj

Sedangkan bakal calon wagub H. Abdulan Vanath,S.Sos,MPP, jelasnya, sudah melengkapi dokumen antara lain Surat keterangan calon tidak pernah sebagai terpidana dari PN setempat, Surat keterangan dari PN yang menyatakan bahwa tidak sedang dicabut hak pilihnya, Tidak sedang hutang dari PN setempat, SKCK, Surat tanda terima LHKPN, Syarat keterangan tidak sedang pailit dari PN setempat, Dokumen dari pelayan pajak, Tanda terima SPT,  serta Ijazah yang telah dilegalisir SMA, S1 dan S2.

Selanjutnya, akan dilakukan penyerahan dokumen perbaikan jumlah minimal dukungan dan sebaran bakal pasangan calon perseorangan pemilihan gubernur dan wakil gubernur maluku tahun 2018.

Sedangkan untuk melengkapi BA 8 KWK saat ini, tegasnya, jumlah dokumen yang sudah dimasukkan oleh pasangan HEBAT kepada KPUD dari 11 Kabupaten/Kota sebanyak 178.563 ribu suara yang selanjutnya akan dilakukan verifikasi dokumen oleh KPU Maluku.

Baca Juga  Pelni Ambon upayakan operasikan KM Maloli

Disebutkan, untuk lolos sensor pencalonan ini, pasangan balon HEBAT harus memenuhi syarat dokumennya suara sebanyak 102.840 suara sah.

Rapat pleno ini juga sedang diskors kepada pasangan balon HEBAT guna menyiapkan dan melengkapi dokumen yang akan diverifikasi oleh KPU Maluku. (pt-01)