Hendrata Thes Mulai Digoyang Internal Demokrat Maluku Utara

oleh -143 views
Link Banner

[carousel_slide id=’12211′]

porostimur.com | Ternate: Kepemimpinan Hendrata Thes selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah {DPD) Party Demokrat Maluku Utara mulai digoyang.

Melalui Rapat Pengurus Harian (RPH) Terbatas DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku Utara yang digelar Sabtu (17/8), DPD Demokrat Malut, mengusulkan agar DPP Partai Demokrat segera menonaktifkan Hendrata Thes sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Maluku Utara.

Rapat yang dipimpin salah satu petinggi Demokrat Maluku Utara, Hendra Karianga itu, menganggap Hendrata Thes tidak cakap dalam menjalankan tugas dan fungsinya selaku ketua DPD berdasarkan AD/ART Partai Demokrat.

Rapat yang dihadiri lebih kurang 17 orang itu menilai selama menjadi Ketua DPD, Hendrata tidak pernah melaksanakan rapat kerja daerah (Rakerda) Partai.

Hendrata juga dinilai tidak permanent mengadakan rapat koordinasi, serta rapat pimpinan dan rapat pengurus harian.

Baca Juga  Polda Maluku Utara Gelar Nonton Bareng Film “Hanya Manusia”

Padahal menurut mereka, sekarang sudah mendekati momentum Pilkada 2020, dimana Maluku Utara akan menyelenggakan Pilkada di delapan kabupaten/kota dan Partai Demokrat mempunyai kepentingan besar untuk itu.

Wakil Sekretaris I sekaligus Juru Bicara Partai Demokrat Malut, Mahdi Jasim, kepada media pers mengatakan langkah yang diambil telah sesuai perintah konstitusi.

“Mestinya mekanisme Partai dijalankan oleh Saudara Hendrata Thes selaku Ketua DPD, sebagai hasil dari amanat musyawarah daerah. Bagaimana kita mau menang di Pilkada, kondisi di internal DPD saja tidak berjalan dengan baik,” tegasnya.

Atas dasar itu, Mahdi menambahkan rapat pleno telah menghasilkan dua keputusan. Yaitu, menyampaikan usulan ke DPP Partai Demokrat untuk menonaktifkan Hendrata Thes sebagai Ketua DPD Demokrat Malut, dan sambil menunggu hasil putusan DPP, aktivitas Partai Demokrat khususnya DPD Demokrat Malut akan dihentikan.

Baca Juga  Depdagri Update Perkembangan Kerja Sama Penanganan Kerangka Jenazah Tentara Amerika di Morotai

“Oleh karena itu, pengurus harian terbatas menginginkan DPP mengambil langkah atas hasil rapat hari ini, karena lagi-lagi kita tegaskan saat ini kita telah dihadapkan pada momen politik 2020,” tambahnya.

Paling lambat, menurut Mahdi, Senin pekan depan usulan hasil rapat akan diserahkan ke DPP Demokrat dan memberi wewenang sepenuhnya DPP untuk menentukan pelaksana tugas (plt) Ketua DPD Demokrat Malut.

“Meski dalam rapat tadi kami juga mengusulkan Hendra Karianga sebagai Plt ketua DPD, namun kami menyerahkan sepenuhnya ke DPP untuk menentukan plt ketua DPD,” ujarnya.

Sementara itu, Ajrin Duwila, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kepulauan Sula ketika dikonfirmasi porostimur.com mengatakan tidak mengetahui dan belum mendapat informasi mengenai hal tersebut.

Baca Juga  'Urusan Rafael Benitez dengan Liverpool Belum Selesai'

Sekretaris DPD Demokrat Maluku Utara, Fahri K Sangadji, yang dihubungi melalui pesan Whats App mengatakan tidak ada keputusan partai seperti yang diberitakan sebagian media.

Menurutnya, apa yang terjadi hanyalah dinamika internal partai dan tidak berpengaruh pada eksistensi kepemimpinan Hendrata di tubuh partai berlambang Mercy itu.

Berikut pesan lengkap Fahri Sangadji melalui Whats App kepada redaksi porostimur.com:

Tarada adik..dinamika…stetmen kagen- kangen sj..ketua jarang hadir bersama2 teman2 di saat momentum poltik..karena ad/ adrt minimal 2 per tiga di dukung oleh dpc2..rapat tdk di hadiri ketua dpc bahkan dukungan pun tarada sama sekalih ..biar hal ini menjadi siar kandidat dan siar partai...🙏🏻🙏🏻 (red)