Heraklius Kerahkan Kapal Mengepung Abu Ubaidah di Hims

oleh -19 views

Karena ingin tahu, penduduk kota pergi bertanya-tanya: Apa yang akan terungkap dengan serangan baru yang akan dilancarkan oleh Heraklius dan sekutu-sekutunya itu?

Sesudah kapal-kapal Heraklius tiba di Antakiah pintu-pintu kota dibuka untuk pasukannya dan langsung menyerbu pihak Muslimin. Ketika itulah api pemberontakan berkobar di seluruh Syam bagian utara.

Kala itu, Abu Ubaidah melihat dirinya sudah terkepung di Hims, dikelilingi oleh kaum pemberontak dari segenap penjuru. Pihak musuh sekarang sudah datang hendak menyerang dari arah laut dan arah pedalaman. Apa gerangan yang akan diperbuatnya?!

Dikumpulkannya stafnya dan dikatakannya kepada mereka bahwa ia menulis surat kepada Amirulmukminin Umar bin Khattab meminta bala bantuan untuk menghadapi situasi genting ini.

Baca Juga  Kementerian ATR/BPN Raih Opini WTP 12 Kali Beruntun, Menteri AHY Apresiasi Kinerja Seluruh Jajaran

Ia berunding dengan mereka, musuh itu akan dihadapi dan diserbu atau akan bertahan sementara menunggu bala bantuan yang akan didatangkan dari Madinah.

Dalam musyawarah itu Khalid bin Walid sendiri berpendapat lain: Akan menghadapi musuh. Para komandan yang lain berpendapat akan bertahan dan bala bantuan minta dipercepat.

Abu Ubaidah sependapat dengan mereka dan menentang pendapat Khalid. Benteng-benteng makin diperkuat dan ia menulis surat kepada Umar mengenai ·pendapat-pendapat sahabat-sahabatnya itu.

No More Posts Available.

No more pages to load.