Hingga Desember 2023, KKB Bunuh 79 Orang di Papua

oleh -58 views
Komandan Satgas Damai Cartenz, Kombes Pol Faizal Rahmadani. (Foto: Istimewa)

Porostimur.com, Jayapura – Sepanjang periode Januari hingga pertengahan Desember 2023, kelompok kriminal bersenjata (KKB) telah menewaskan 79 orang di sejumlah lokasi di Papua.

Penjelasan itu disampaikan oleh Kepala satuan Tugas (Kasatgas) Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani dalam keterangannya melalui virtual, dikutip Kamis (21/12/2023).

“Para korban itu terdiri dari 20 prajurit TNI, tiga anggota Polri, 37 orang masyarakat sipil, dan 19 orang anggota KKB,” kata Faizal

Selain korban meninggal, KKB juga mengakibatkan 84 korban yang luka-luka, terdiri dari 24 prajurit TNI, tujuh anggota Polri, 50 orang masyarakat, dan tiga orang anggota KKB.

Peristiwa yang mengakibatkan korban meninggal dan luka-luka tersebut terdiri dari 20 kontak tembak, dua kasus penyerangan pos, 19 bunyi tembakan, 39 penembakan, 16 penganiayaan berat, lima kasus penganiayaan biasa, lima kasus pembunuhan, 32 pembakaran, dan 52 gangguan lain-lain.

Baca Juga  Haji Mabrur: Arti, Syarat, Ciri-Ciri dan Cara Menjaganya

Sedangkan aksi yang dilakukan KKP (kelompok kriminal politik) sebanyak 108 aksi, berupa unjuk rasa, mimbar bebas, pertemuan diskusi/rapat tertutup, propaganda, jumpa pers, foto dukungan, pembagian selebaran, penggalangan dana, doa bersama/KKR.

Lokasi aksi tersebut, kata dia, terjadi di Kota Jayapura sebanyak 56 aksi, Kabupaten Jayapura 18 aksi, Yahukimo 3 aksi, Pegunungan Bintang empat aksi, Mimika enam aksi, Jayawijaya 19 aksi, Dogiyai dua aksi, dan Kabupaten Nabire satu aksi.