Hipmabol Halsel Gelar Rekonsiliasi Libatkan 8 Desa

oleh -190 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Himpunan Pelajar Mahasiswa Botang Lomang (Hipmabol) Kabupaten Halmahera Selatan, menggelar silaturahmi mahasiswa, pemuda-pemudi dan masyarakat se Kecamatan Kepulauan Botang Lomang dengan tema “Rekosiliasi (Memulihkan Hubungan Persaudaraan Pemuda pemudi dan Masyarakat Botang Lomang”.

Kegiatan rekonsiliasi dipusatkan di Desa Bajo sebagai Ibu Kota Kecamatan Kepulauan Botang Lomang yang berlangsung di ruang Aula SD Negeri 19 Bajo pada Ahad (30/5/2021).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Camat Botang Lomang, Fadli Salim, SE; Danramil 1509-01/Bacan, Kapten Inf. Aga Galela; Kapolsek Pulau Bacan yang diwakili AIPTU. Safril Ibrahim; Kepala Desa se-Botang Lomang, Babinsa dan Babinkamtibmas serta ketua dan anggota pemuda dan pemudi se-Botang Lomang.

Baca Juga  Bawaslu Halbar Tak Temukan Unsur Pelanggaran Bagi Sembako Imran Lolori

Ketua Umum Himpunan Pelajar Mahasiswa Botang Lomang (Hipmabol), Fadli Nasir menyampaikan, kegiatan rekonsiliasi dilakukan Hipmabol semata – mata ingin kondisi sosial masyarakat Botang Lomang dapat stabil jauh dari sebelumnya.

Pria yang akrab di sapa Adhy itu mengatakan, kondisi sosial masyarakat Botang Lomang yang damai dan harmonis sangat diperlukan, agar dapat terciptanya persatuan yang baik. “Saya mewakili seluruh mahasiswa Botang Lomang menginginkan agar tali silaturahmi dan hubungan persaudaraan kita semua bisa bersatu, sehingga mampu menjaga kedamaian di Botang Lomang,” tukasnya.

Ia juga berharap agar selalu terjaga tali persaudaraan tersebut, sebagaiman visi dan misi terbentuk organisasi kemahasiswaan tingkat kecamatan yang bertujuan menyatukan serta mengenal satu sama lain sesama pemuda-pemudi dan masyarakat yang ada di delapan desa di Botang Lomang.

Baca Juga  Bentuk Tim Anti Hoaks, BPBD Maluku Sosialisasi di Desa Waai

“Kami berharap, dengan terlaksananya kegiatan ini, sesama masyarakat Botang Lomang dapat bersatu agar bisa bersama-sama mengawal pembangunan infrastruktur di Kecematan Kepulauan Botang Lomang,” harapnya.

Sementara itu, Camat Botang Lomang, Fadli Salim SE, mengatakan kemajuan satu kecamatan membutuhkan persatuan dan dukungan dari suluruh masyarakatnya, sehingga mampu membijaki kebutuhan di kecamatan.

“Saya sependapat dengan Ketua Hipmabol bahwa, kita semua perlu bersatu, berdamai untuk mengawal pembangunan di kecamatan Botang Lomang yang masih tertinggal.

“Sifat baku jaga perlu dihilangkan agar sesama masyarakat Botang Lomang mampu mengakomodir kebutuhan baik di desa maupun di tingkat kecamatan,” tukasnya.

Fadli Salim bilang, sering terjadi konflik antar desa di Botang Lomang akibat konsumsi minuman keras (miras). Lanjutnya konsumsi miras ini perlu ditindak tegas agar tidak melakukan perbuatan yang merugikan.

Baca Juga  Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Yayasan Terpadu Binaiya Oleh Danrem 151

“Kegiatan rekonsiliasi ini dilaksanakan Hipmabol karena adik-adik mahasiswa ingin merekanya punya kakak-kakak pemuda dan masyarakat bisa bersatu dan mengawal pembangunan di Botang Lomang. (sarjan)