Hujan Deras Sebabkan Jembatan Ambruk di Negeri Lima

oleh -153 views
Link Banner

Porostimur com | Ambon: Hujan deras yang terus mengguyur Pulau Ambon membuat jembatan di Kompleks Walaha, Desa Negeri Lima Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon ambruk pada Senin (13/7/2020

Hujan deras menyebabkan kerusakan gorong-gorong sehingga membuat jembatan ambruk.

Akibat kerusakan jembatan tersebut jalur lalu lintas dari Kota Ambon ke Negeri Lima dan sebaliknya lumpuh total.

Kendaraan roda dua dan roda empati tidak bisa melintasi jembatan yang putus itu.

Kapolsek Leihitu, Iptu. Julkisno Kaisupy mengatakan, ambruknya jembatan disebabkan karena gorong-gorong tersapu arus sungai akibat tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir di wilayah Pulau Ambon.

“Curah hujan terlalu tinggi, sehingga terjadi pengikisan di gorong-gorong jembatan hingga roboh dan terputus,” kata Julkisno.

Baca Juga  Polsek Oba Utara Bagi Beras Tahap Tiga

Julkisno menyebutkan, dari keterangan saksi Basaria Salong, 60 tahun pada Senin pagi sekitar pukul 05.00 WIT mendengar bunyi suara seperti benda jatuh cukup keras. Dan setelah dicek ternyata gorong-gorong tersebut ambruk.

“Jarak rumah saksi dengan gorong gorong yang patah sekitar 15 meter, dan dua hari lalu saksi sudah melihat keretakan gorong-gorong tersebut,” ujarnya.

Julkisno mengatakan, setelah mendapat informasi jembatan yang ambruk itu, dirinya langsung turun dan berkoordinasi dengan pemerintah Desa Negeri Lima dan Perusahan Kaharisma yang sementara beroperasi di Negeri Lima.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kaharisma untuk menggunakan alat berat, agar membuat jembatan darurat menggunakan batang kelapa,” katanya. (keket)