Hukum Mandi Besar Sebelum Puasa Ramadan? Begini Penjelasannya

oleh -57 views

Ada kebiasaan di masyarakat kita jika menjelang atau memasuki bulan Ramadan , selalu melakukan ritual ‘mandi besar’ atau istilahnya mandi keramas. Mandi ini dilakukan seperti mandi besar yang kita lakukan selepas haid atau selepas junub, dan dimaksudkan untuk membersihkan dan menyucikan diri sebelum memasuki dan beribadah di bulan Ramadan itu. Nah, bagaimana hukum mandi besar sebelum memasuki Ramadan ini dalam pandangan Islam? Benarkah demikian?

Pada hakikatnya, kegiatan atau tradisi mandi besar tersebut akan bergantung pada niatnya. Dalam rukun puasa sendiri tidak ada aturan secara khusus untuk mandi besar menjelang bulan Ramadan. Jadi, untuk memasuki bulan Ramadan tidak ada syarat untuk mandi besar.

Baca Juga  Harta Brigjen Indra Jafar Eks Kapolres Cirebon yang Gagal Tangkap DPO Kasus Vina

Seperti yang dijelaskan oleh Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu’anha dan Ummu Salamah,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki waktu subuh dalam kondisi junub karena berhubungan dengan istrinya. Beliau pun mandi sebelum salat subuh, kemudian puasa di hari itu.” (HR. Ahmad, Ad-Darimi dan sanadnya dinyatakan shahih oleh Husain Salim Asad Ad-Darani).

Bagaimana dengan kebiasaan yang telah berlaku di masyarakat tentang mandi besar sebelum Ramadan? Dilansir dari tayangan Youtube Kajian Islam, Ustadz Abdul Somad mendapat pertanyaan hal serupa tentang persiapan menyambut bulan Ramadhan.

No More Posts Available.

No more pages to load.