HUT Kemerdekaan Ke-75, BI Terbitkan 75 Juta Lembar Uang Pecahan Rp 75.000

oleh -33 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Menyambut hari Kemerdekaan RI ke-75, Bank Indonesia (BI) secara resmi mengeluarkan uang pecahan khusus dengan nominal Rp 75.000 pada hari ini Senin (17/8/2020).

“Sesuai dengan usia 75 kemerdekaan Republik Indonesia uang peringatan kemerdekaan kali ini dikeluarkan dalam bentuk uang kertas dengan nilai nominal Rp 75.000,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam peluncuran yang diselenggarakan secara virtual tersebut.

Perry menjelaskan, bahwa uang baru pecahan Rp 75.000 pada bagian depan bergambar Proklamator RI Soekarno – Hatta.

Kemudian juga ada gambar sejumlah kemajuan proyek infrastruktur yang telah dibangun seperti Kereta MRT di Jakarta, Jembatan Merah Youtefa di Papua dan Tol Trans Jawa.

Sementara pada halaman belakang, uang anyar ini dihiasi gambar anak-anak yang sedang mengenakan pakaian adat yang memperteguh kebhinekaan dan melambangkan keberagaman.

Baca Juga  Selain Bertambahnya Jumlah TPS, KPU Halsel Juga Membutuhkan APD Covid-19 Jelang Pilkada 2020

Selain itu juga ada motif tenun nusantara asal provinsi Bali yakni batik kawung.

“Anak-anak berpakaian adat yang mewakili wilayah barat tengah dan timur NKRI serta motif tenun nusantara di Bali batik kawung yang menggambarkan kebaikan dan kesucian,” kata Perry.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang kepada wartawan di Kantor Gubetnur Maluku, Senin (17/89/2020) menjelaskan, uang kertas pecahan Rp 75.000 tersebut merupakan alat pembayaran yang sah.

Uang dengan nominal Rp 75.000 tersebut telah didistribusikan ke seluruh Bank Indonesia di Indonesia.

Manullang menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin memiliki uang tersebut bisa lakukan pemesanan atau penukaran uang tersebut bisa melalui web Bank Indonesia.

Baca Juga  Brimob Polda Maluku Semprot Disinfektan di Terminal dan Pasar

“Akses pemesanan bisa melalui web Bank Indonesia mulai jam 15.00 Wit. Aplikasinya namanya PINTAR silahkan masyarakat ajukan di situ. Jangan lupa satu KTP untuk satu lembar uang. Tudak ada pembatasan, siapa yang cepat, dia yang duluan peroleh uang itu,” katanya.

Uang baru pecahan Rp75.000 bergambar Proklamator RI Soekarno–Hatta belatar kereta api dan pengibaran bendera saat Proklamasi Kemerdekaan 1945.

Adapun, di sisi lain uang ada siluet ragam wajah Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan budaya. Selain itu ada gambar gambar satelit di sebelahnya. (keket)