IAKN Ambon Optimalkan Kampung Inggris Berbasis Wisata di Sawai

oleh -77 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Kelompok Dosen dan mahasiswa IAKN Ambon dari Program Studi Pariwisata Fakultas Ilmu Sosial Keagamaan melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kampung Inggris Berbasis Wisata Negeri Sawai kecamatan Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan PKM ini antara lain Learning Program Design oleh Ilona F. Salhuteru, M.Pd.; Teaching English for Young Learners (TEYL) oleh Febby W. Pelupessy, M.Hum.; Fun Learning in English Teaching oleh Thobias Sarbunan, M.Pd.; Public Speaking oleh Franklin Untailawan, M.Pd serta yang terakhir materi English for Tourism oleh Nurlaila Tuanany, M.Pd.

Kegiatan PkM yang berlangsung pada tanggal 13 hingga 18 September 2021, secara resmi dibuka oleh Pejabat Negeri Sawai, Ahmad Ipaenin, S.Sos, didampingi Saniri Negeri, kepala Pemuda serta dihadiri oleh perwakilan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Negeri Sawai, 15 peserta dari kelas Kampung Inggris Berbasis Wisata dan dua orang staf pengajar pada program tersebut.

Baca Juga  Dino Umahuk: Banyak Caleg Tak Paham Tugas dan Fungsi Legislatif

“Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PkM) ini mengusung tema “Revitalisasi Kampung Inggris Berbasis Wisata”. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih pengajar dan pengelola Kampung Inggris Berbasis Wisata Negeri Sawai agar tidak hanya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik tetapi juga kemampuan mengajar yang mumpuni”, ujar ketua kelompok PkM Negeri Sawai Ilona F. Salhuteru, M. Pd.

Salhuteru menjelaskan, program kampung Inggris berbasis wisata merupakan program seratus hari kerja Gubernur Maluku yang direspon secara positif oleh masyarakat agar menjadi program percontohan untuk mempromosikan aset pariwisata di Maluku.

Kegiatan ini menurutnya, dilaksanakan pada lima titik yang tersebar di dua kabupaten yaitu Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Baca Juga  Baku Tabrak: Satu Orang Meninggal di Tempat, Tiga Orang Diamankan ke RS Sanana

Dalam sambutannya, Pejabat Negeri Sawai mengatakan, selama masa pandemi Covid-19, kegiatan-kegiatan dalam program Kampung Inggris ini mengalami stagnasi, termasuk di Sawai sehingga dengan adanya kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh tim dari IAKN Ambon, diharapkan agar program ini menjadi hidup kembali” dan diharapkan kegiatan ini terus berkelanjutan, demi penguatan kapasitas sumber daya manusia dalam memperkuat program Kampung Inggris di Sawai.

Peserta sangat antusias selama mengikuti materi yang dibawakan tim fasilitator dari IAKN Ambon.

Materi disampaikan dalam bentuk presentasi, pelatihan dan interaksi kelompok yang membangkitkan suasana kegiatan.

Salah satu peserta mengatakan “kegiatan ini sangat membantu katong untuk terus semangat menjalankan program Kampung Inggris di katong pung negeri ini sebagai salah satu daerah dengan potensi ekowisata” (nur)