Ibadah Malam Natal di Kota Ambon Berjalan Aman dan Lancar

oleh -167 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Prosesi ibadah malam Natal yang diikuti ribuan umat kristiani pada sejumlah gereja dalam kota Ambon berlansung aman dan lancar.

Pantauan porostimur.com pada lokasi Gereja Silo, General Maranatha kampung di Katedral Xaverius Keuskupan Amboina, prosesi ibadah natal berjalan aman dan lancar terlihat puluhan aparat keamanan gabungan TNI-POLRI bersama beberapa ormas keagamaan ikut dalam pengamanan pada lokasi komplek gereja Maranatha saat ibadah berlangsung.

Aparat gabungan juga terlihat melakukan penjagaan pada komplek gereja, sementara sebagaian lainya mengatur arus lalu-lintas yang dibantu pemuda pramuka.

Sementara prosesi ibadah natal yang berlangsung di gereja Silo Ambon, terlihat aparat keamanan juga melakukan pengamanan yang sama dan di bantu beberapa ormas keagamaan lainnya.

Sejumlah ruas jalan juga terlihat aman lancar dengan berbagai kendaraan yang lalu lalang pada malam tersebut.

Sesuai informasi yang dihimpun di lapangan seluruh rangkaian prosesi ibadah natal yang berlangsung pada berbagai gereja dalam kota Ambon semuanya berjalan aman dan lancar hingga selesai.

Baca Juga  Ifan Seventeen Menangis Lihat Film Kemarin, Perjalanan Band Seventeen yang Berakhir Tragedi Tsunami

Banser dan Umat Hindu Ikut Jaga Gereja Saat Ibadah Natal

Sementara itu, puluhan anggota Barisan Ansor Nahdatul Ulama ( Banser) Kota Ambon bersama sejumlah umat Hindu nampak ikut mengamankan ibadah malam Natal di sejumlah gereja di Kota Ambon, Selasa (24/12/2019) malam.

Mereka ikut menjaga sejumlah gereja bersama personel TNI dan Polri di gereja besar di Ambon seperti Gereja Maranatha, Gereja Silo, dan Gereja Katedral Fransiskus Xaverius Ambon.

Para anggota Banser dan pemuda Hindu ini mulai menjaga gereja saat umat Kristiani  menjalankan ibadah Natal.

Mereka juga ikut mengatur lalu lintas saat umat mulai memasuki gereja.

Setelah ibadah selesai, para jemaat yang keluar dari dalam gereja kemudian disambut dengan salaman dan ucapan selamat natal oleh para anggota Banser dan juga pemuda Hindu.

Baca Juga  Tidak Transparan Soap DD, Kades Koititi Didesak Mundur

Ketua GP Ansor Cabang Ambon Abdul Kadir Mualo kepada Kompas.com di depan Gereja Silo Ambon mengatakan pihaknya ikut berpartisipasi mengamankan jalannya ibadah Natal di sejumlah gereja dengan mengerahkan sebanyak 20 anggota Banser.

“Untuk malam ini kita kerahkan 20 anggota Banser, nanti besok kita juga akan jaga gereja-gereja saat ibadah natal,” ujarnya.

Selain di Gereja Silo, anggota Banser juga dikerahkan menjaga kemanan di Gereja Maranatha dan gereja Katedral.

Menurut Abdul Kadir, pihaknya ikut terlibat dalam pengamanan malam Natal di sejumlah gereja bersama aparat TNI Polri selain untuk menjamin kenyamanan umat yang beribadah juga sebagai bentuk rasa toleransi antarumat beragama di Maluku.

“Tahun-tahun kemarin kita juga lakukan hal yang sama, kita ingin agar nilai-nilai toleransi antarumat beragama di Maluku tetap terjaga,” ujarnya.

Baca Juga  Gempa Magnitudo 4.5 Getarkan Ambon Sabtu Pagi ini

Senada dengan Abdul Kadir, salah pemuda Hindu yang ikut mengamankan ibadah natal di gereja, Wayan Supriyana mengaku keterlibatan pihaknya dalam menjaga sejumlah gereja saat ibadah malam Natal di Ambon sebagai upaya untuk memupuk rasa toleransi dan tenggang rasa antarsesama umat beragama di Maluku.

“Kita dari umat Hindu semua ada 12 orang yang mala mini ikut menjaga gereja, jadi ada tiga di gereja Silo, tiga di Gereja Maranatha, tiga di Gereja Katedral dan tiga lagi di Gereja Bintang Laut,” ujarnya.

Dia berharap semoga keterlibatan pemuda Hindu dalam menjaga malam ibadah Natal di gereja dapat menjadi berkah bagi upaya seluruh umat beragama di daerah itu dalam membangun suasana persaudaraan di Maluku.

“Kita ingin menunjukan bahwa toleransi di Maluku itu sangat indah,” ujarnya. (red/rtl/kcm)

View this post on Instagram

Malam Natal di Ambon

A post shared by Dino Umahuk (@valdinho74) on