oleh

Idul Fitri Jatuh pada 24 Mei, MUI Keluarkan Fatwa Terbaru, Catat Ya!

Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada 24 Mei 2020. Ketetapan itu diputuskan dalam sidang isbat yang dihadiri MUI hingga Komisi VIII DPR.

Sidang isbat digelar di gedung Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (22/5/2020). Sidang digelar secara terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan terkait Corona (COVID-19). Para tamu undangan seperti perwakilan ormas mengikuti sidang secara online.

MUI mengimbau umat muslim untuk menjalankan salat Id di rumah. MUI mengingatkan pentingnya menjaga keselamatan diri dan lingkungan.

“Salat Idul Fitri itu bukan dilarang, tetapi kita mengindahkan kaedah hendaknya menghindarkan kerusakan, menghindarkan kemudaratan,” kata Ketua MUI Abdullah Jaidi dalam jumpa pers usai sidang Isbat, Jumat (22/5/2020).

Baca Juga  Kapolda minta dukungan masyarakat wujudkan Pilkada aman dan damai

Jaidi mengingatkan fatwa MUI yang mengatur soal salat di masa pandemi. Dia mengingatkan soal salat Jumat yang boleh diganti salat Zuhur.

“Salat Jumat saja kita menyampaikan bisa di rumah, itu yang wajib, apalagi salat Idul Fitri yang sunah,” ujarnya.

MUI menyarankan umat Islam untuk salat di rumah, termasuk di daerah yang dinyatakan hijau, agar tak menggelar salat di lapangan. Dia bicara soal sulitnya mengantisipasi berkumpulnya massa jika salat digelar di tempat lapang terbuka.

“Kita perlu bersabar, Insya Allah akan diberikan yang terbaik jika kita bersabar,” ujarnya. (red/rtm/dtc)

Link Banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed