Igor Saykoji Ceritakan Pergeseran Budaya Hiphop

oleh -54 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Rapper Igor Saykoji menceritakan sedikit sejarah tentang dunia hip hop yang digelutinya.

Saat menjadi bintang tamu dalam Episode Baru Kenal di kanal Uus Kamukita, Igor Saykoji menceritakan pergeseran budaya hip hop di Amerika.

Awalnya Uus merasa kaget karena rumah dan kehidupan Igor Saykoji nyatanya biasa saja, bahkan terkesan jauh dari penggambaran gaya hidup dalam video klip lagu-lagu hip hop dan para rapper.

“Karena menurut gue itu kan bentukan industri, maksudnya, apa yang mereka jual, lifestyle kayak gitu, ada hubungannya yang mereka ingin jual,” kata Saykoji seperti dikutip Kompas.com dari video Uus Kamukita, Selasa (18/8/2020). 

Dunia hip hop memiliki sejarah yang cukup panjang sampai akhirnya bisa dikenal dengan image gaya hidup mewah dan semua hal berkilau seperti saat ini.

Baca Juga  DPRD Provinsi Maluku Laksanakan Program Penyampaian Aspirasi Ke Pempus

Hip hop di era 1980-an justru merupakan musik untuk bersenang-senang, entah dari lirik maupun gaya hidup.

“Kalau lo lihat hip hop 80an, itu mereka fun banget, nongkrong sama teman, jalan-jalan, belum sampai di titik di mana lo nunjukin kerasnya hidup karena mereka mau lari dari kehidupan mereka,” kata Saykoji.

Namun, hip hop akhirnya mengalami pergeseran di era 1990-an. 

Para musisi di era tersebut lalu menceritakan kegelisahan hidup musisi hip hop di era 1980-an di dalam lirik-liriknya.

Pergeseran itu mendapat respons positif dan apresiasi dari para pendengar.

Industri musik hip hop yang semakin berkembang akhirnya secara tidak langsung mengubah gaya hidup dan pengggambaran dari musik hip hopnya sendiri.

Baca Juga  Siti Zuhro Ungkap Alasan Mengapa RUU HIP Patut Ditolak

“Lalu di tahun 90-an industrinya sudah makin benar, orang sudah mulai melihat rapper tuh bisa ditempel dengan brand ini, ditempel dengan gaya hidup begini, akhirnya industri hiphop makin berkembang makanya tahun 2000-an ke sini rapper makin blink-blink,” kata pelantun lagu “Online” tersebut. 

Diketahui, beberapa video musik hiphop luar negeri, Amerika khususnya, kerap menampilkan kekayaan dan gaya hidup mewah.

Mobil mewah, dollar, perhiasan berkilau, dan gadis-gadis seksi seperti sudah bukan hal baru lagi dalam video musik para rapper hiphop.

Citra rapper identik dengan kekayaan dan gaya hidup mewah itu akhirnya melekat sampai sekarang. (red/rtm/kcm)