IKBKS Maluku Bantu Korban Kebakaran Batumerah

oleh -508 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Di tengah merebaknya virus corona (Covid-19), warga Kota Ambon dikejutkan dengan peristiawa kebakaran yang terjadi di Ongkoliong, Negeri Batumerah yanh menghabiskan pemukiman lebih seratus warga.

Musibah kebakaran ini menambah keterpurukan kondisi warga yang harus berjuang agar terhindar dari virus Covid-19 ditambah dengan beban hidup akibat musibah kebakaran ini.

Disela keterpurukan itu ternyata ada warga masyarakat asal Kepulauan Sula yang harus menerima kenyataan akibat kebakaran itu yakni 2 keluarga yang terdiri dari Margono asal Desa Umaloya dan Wawan Umagap asal Desa Waiputi, Seram Bagian Barat yang harus lari keluar rumah dengan pakaian di badan karena tidak ada yang sempat diselematkan dari amukan api.

Baca Juga  Jaringan Survey Nusantara Rilis Hasil Survei Pilkada SBT 2020

Melihat kondisi tersebut, Ikatan Keluarga Besar Kepulauan Sula (IKBKS) Maluku berusaha untuk menghimpun bantuan sukarela dari warga berupa peralatan dapur dan bahan makanan selama 2 hari dan diserahkan kepada para korban.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua IKBKS Salamudin Umabaihi, M.Pd bersama pengurus lainnya, ya know Sekum Nasir Tidore dan Bendahara Umum Fatma Haitami, Jumat (3/4/2020) sekitar pukul 16.00 WIT.

Ketua Ketua IKBKS Salamudin, kepada porostimur.com mengatakan, bantuan ini adalah sebagai rasa persaudaraan orang Sula di rantau orang dengan filosofi manatol, malum kub, poa do hoi dan pia-pia bo pia in hai.

“Harapan IKBKS Maluku agar warga Sula yang belum sempat memberikan kepeduliannya akibat belum tahu, diharapakan dengan adanya berita ini bisa untuk membantu meringankan beban kit sanohi yang terkena musibah baik secara langsung atau melalui posko.

Umabaihi ketika menyerahkan bantuan tersebut mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian warga Sula di Kota Ambon atas musibah yang terjadi pada hari minggu yang menghanguskan kurang lebih 73 bangunan rumah.

Baca Juga  Kapolres Halsel Sambangi Pos Pengamanan Operasi Ketupat Kieraha-2020 Saat Berpatroli

Kepada para korban, Umabaihi meminta untuk berbesar hati dan menerima kenyataan dengan lapang dada.

“Tidak ada seorang pun yang menginginkan terjadinya bencana, namun apabila terjadi, mau tidak mau, kita harus tabah menerima serta menyerahkan semua kembali kepada Allah,” ujarnya.

Kepada keluarga korban yang menerima bantuan secara simbolis tersebut, Umabaihi meminta agar tidak melihat dari besar kecilnya bantuan yang disalurkan kali ini, namun ini sebagai bentuk empati terhadap sesama warga Sula di perantauan yang sementara mengalami musibah.

‘’Kami harap, ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana ini,’’ tukasnya. (keket)