Hearing Dengan DPRD, Kakanwil Kemenag Maluku Dijatahi Banyak PR

oleh -56 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama RI Provinsi Maluku, seolah mendapatkan pekerjaan rumah (PR) usai menghpadiri rapat kerja dengan Komisi IV DPRD Maluku, Kamis (30/7/2020).

”DPRD Komisi IV membuat pekerjaan rumah (PR) atau tugas Kepada Kanwil Agama Provinsi Maluku terkait masalah pendidikan dan perjuangan Emberkasi Antara. Sebab beberapa masukan yang disampaikan dari pihak Komisi IV DPRD Maluku dianggap sangat penting untuk segera ditindak lanjuti,” tegas Kepala Kanwil (Kakanwil) Kementerian Agama RI Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis, kepada wartawan, usai menghadiri hearing dimaksud.

Menurutnya, solusi yang ditawarkan Komisi IV DPRD Maluku atas masalah mutu pendidikan antara lain yakni akan dibuatkan format kerjasama dengan melibatkan Dinas Pendidikan Maluku.

Baca Juga  BNNP Malut dan Bea Cukai Sepakat Joint Operation Pencegahan dan Pemberantasan Narkotika

”Hal penting di sini yang pertama kita akan bangun format kerjasama antara Kementerian Agama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, tentang ketenagakerjaan, di dunia pendidikan dan kompetensi guru itu sendiri untuk dibentuk kerjasama. Dan kedua disoroti terkait dengan sarana prasarana lembaga pendidikan yang ada di Kementerian Agama. Ini cukup banyak menjadi catatan untuk dibuat PR bagi kami,” ungkapnya.

Menurutnya, yang menjadi persoalan adalah presentase antara penyelenggara pendidikan berstatus negeri dan swasta sangat jauh berbeda.

”Karena enam puluh tujuh persen Madrasah swasta dan sangat terbatas dengan sarana prasarana dan berada di posisi daerah yang paling terbelakang yang sulit dijangkau,” urainya.

Untuk itu, dihimbaunya Komisi IV DPRD Maluku untuk membangun tangungjawab bersama, khususnya atas program yang dibackup oleh Komisi IV DPRD Maluku.
Apalagi sesuai tupoksi Komisi IV DPRD Maluku sendiri yakni memperjuangkan masalah pendidikan, khusus untuk perkembangan dunia pendidikan ke depan,” tegasnya.

Untuk masalah emberkasi antara, jelasnya, saat ini masih menungu finalisasi keputusan Menteri Agama RI, terkait bentuknya Emberkasi Antara itu sendiri.
”Untuk infrastruktur sarana prasarana ini, kini sudah delapan puluh lima persen,” akunya.

Baca Juga  KM Panji Saputra Milik TNI Hilang Kontak Tujuh Hari Di Perairan Maluku

Ditambahkannya, pihaknya sangat berharap adanya bantuan Pemprov Maluku untuk menuntaskan pembangunan jalan masuk sepanjang 200 meter ke areal Asrama Haji itu sendiri.

”Dan sarana prasarana pendukung lainnya untuk tahun 2021 dengan anggaran Kanwil mendapat sekitar tiga puluh miliar rupiah untuk dibangun satu gedung berlantai tiga. Dan kalau gedung tersebut sudah selesai, nanti semua sarana prasarana bisa terpenuhi semua. Juga pembentukan unit teknis bagian dari salah satu satuan kerja, untuk mengolah tentang emberkasi,” katanya. (liehu)