Ingin Kerja ‘Santuy’ tapi Penghasilan ‘Mantul’, Coba Profesi Ini

oleh -101 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pernah lihat orang update instastory sedang Jalan-jalan sembari kerja? Wah, itu sih pasti auto-iri. Pasti rasanya ‘santuy banget’ kerja seperti itu, kan?

Nah, tahukah kamu kalau apa yang mereka lakukan itu biasa disebut dengan istilah digital Nomads. Jadi mereka memang bekerja sambil berkeliling dari kota ke kota. Tak perlu harus pergi ke kantor dari jam 8 sampai jam 5.

Hasil pekerjaan pun tinggal kirim dari jauh dan rapat bisa melalui grup chat.

Peluang pekerjaan seperti tadi muncul akibat disrupsi digitalisasi. Beberapa pekerjaan sudah bisa dilakukan dengan cara remote alias enggak harus dikerjakan di kantor.

Meski kelihatannya menyenangkan, tetap saja ada minusnya. Saat menjadi digital Nomads, sama seperti freelancer, penghasilan bisa saja tak pasti.

Untuk itu, dibutuhkan kemahiran mengelola Keuangan agar saat lagi seret, tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga  Muhammadiyah: Ali Ngabalin Keliru Besar, Mengukur Orang Lain Dengan Dirinya

Tapi kalau kamu memang tertarik dengan digital Nomads, kamu bisa coba beberapa profesi ini. Siapa tahu, ada yang pas dengan skill yang kamu punya sekarang:

Penulis dan editor lepas

Pertumbuhan situs web semakin masif. Dengan begitu, makin banyak pula permintaan tulisan untuk mengisi konten web itu.

Di sinilah peluangnya. Bila kamu punya keahlian menulis dan menyunting, kamu bisa menjadi penulis dan editor lepas. Kamu takkan terikat dengan jam kerja dan bisa fleksibel. Yang penting target pekerjaan bisa kamu selesaikan dengan baik.

Fotografer

Hobi dan bakat fotografi bisa dipakai untuk bekerja secara remote. Kamu bisa menjadi kontributor foto untuk website traveling.

Bukan itu saja. Saat ini, situs penyedia photo stock sudah banyak sekali. Kamu tinggal bikin foto-foto bagus, upload di situs photo stock, dan pasarkan lewat Instagram.

Baca Juga  Data Tak Lengkap, Pansus II DPRD Kota Ambon Tunda Pembahasan Bersama BPPRD

Cuan akan datang seiring foto-foto bagusmu terjual di situs itu. Bahkan, bisa jadi penghasilan pasfi.

Desainer grafis

Semua kampanye marketing, baik secara digital dan luar jaringan, membutuhkan materi desain grafis. Ini artinya seorang desainer grafis sangat dibutuhkan.

Bahkan, perusahaan advertising yang sudah punya tim pun tetap saja mereka membutuhkan tambahan tenaga. Apalagi, di era digital seperti sekarang ini.

Kamu hanya butuh menyiapkan portofolio keren dan kreatif serta cari pekerjaan di situs-situs penyedia pekerjaan lepas.

Kalau mau lebih cepat, hubungi relasi-relasi yang kamu punya untuk mendapatkan pekerjaan lepas ini.

Web dan app developer

Focused young developer coding late in office writing script shown on computer monitors, serious handsome coder programmer hacker programming developing software applications working alone at night (Focused young developer coding late in office writin

Permintaan website dan aplikasi mobile bakal makin meningkat. Permintaannya pun bisa dikatakan takkan menurun.

Baca Juga  Laporkan Perkembangan Desa Kerukunan, FKUB Halbar Temui Kakanwil Kemenag Malut

Kabar baiknya, membuat website dan aplikasi mobile bisa dilakukan secara remote. Cukup berbekal laptop dan sambungan internet, kamu sudah bisa mengerjakan.

Reseller

Tak butuh barang, modal, gudang, dan tak perlu melakukan pengiriman barang. Itulah kenikmatan menjadi seorang reseller.

Kamu cukup mempunyai akun di platform e-commerce, media sosial, cari barang yang akan kamu pasarkan, dan lakukan engagement.

Memang margin keuntungan tak sebesar bila kamu punya barang sendiri. Namun, bila Strategi pemasaran kamu bagus, cuan bisa datang dengan cepat. Berjualannya pun bisa di mana saja.

Bagaimana, ada yang cocok dengan skill kamu? Nah, pekerjaan-pekerjaan tadi bisa kamu lakukan di mana saja. Kamu bisa Jalan-jalan, berpindah kota, dan tetap sambil bekerja. (red/rtm/akurat)