Ingin Mencoba Fashion Minimalis? Simak Caranya di Sini

oleh -5 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Hai Ladies, pernah nggak sih kamu membuka lemari baju dan tidak dapat menemukan baju yang tepat untuk beraktivitas? Bahkan banyak dari kita yang berpikir dan mengatakan bahwa tidak memiliki pakaian, padahal jika dilihat justru pakaian yang dimiliki hampir memenuhi lemari baju!

Ternyata hal ini sebenarnya justru karena terlalu banyak pilihan, hingga membuat bingung style pakaian mana yang paling tepat untuk dikenakan.

Terutama di beberapa waktu ini, mungkin tidak kamu sadari jika style fashion sekarang cenderung mengusung tema “Less is perfect” atau “Fashion minimalist”. Dalam artian, style yang digunakan tak lagi berlapis, terlalu colorful ataupun memiliki banyak detail.

Kenyamanan adalah kunci utama untuk gaya fashion di berbagai kesempatan, terutama untuk daily outfit. Hal ini tentunya memiliki dampak positif bagi yang melakukan. Diantaranya, menghemat waktu berpikir dan berdandan, memiliki lebih banyak ruang kosong di lemari, dan terpenting adalah menghindari hidup boros.

Nah, kalau kamu tertarik untuk mencoba menjadi seorang fashion minimalist, yuk ikuti tipsnya di artikel ini, ladies.

Decluttering

Cara decluter item fashion
Cara decluter item fashion/ foto: freepik.com


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah declutter, atau juga disebut dengan tahapan memilih, mengeliminasi, atau menyortir.

Baca Juga  Bupati Benny Laos Pimpin Upacara HUT Sumpah Pemuda di Morotai

Bongkar semua lemari pakaianmu lalu mulai pilih pakaian dengan mengelompokkanya menjadi beberapa bagian. Kelompok baju yang bisa kamu pisahkan antara lain:

1. The Essentials = Berisikan item fashion yang paling sering kamu gunakan kapanpun dan dimanapun dan pastinya yang paling membuatmu nyaman, seperti jaket, blazer, denim, dan sneakers. Tapi ingat, pilihlah yang paling sering dipakai dengan jumlah yang minim.

Cara decluter pakaian
Cara decluter pakaian/ foto: freepik.com

2. Special Event = Disini bisa berisi item yang mungkin hanya digunakan untuk event tertentu, namun wajib dimiliki agar bisa menyesuaikan kebutuhan acara. Contohnya seperti baju pesta, topi, sepatu hak tinggi serta clutch.

3. Donated/Recyle = Diantara item fashion yang sudah dikelompokkan, pasti ada beberapa sisanya yang sudah tidak sesuai selera, atau tidak pas di tubuh, namun masih sangat layak pakai. Nah, ada baiknya jika pakaian tersebut didonasikan untuk teman-teman yang lebih membutuhkan. Cara ini adalah langkah bijak untuk mengurangi pakaian berlebih di lemarimu.

Baca Juga  Gempa 4,5 Magnitudo Guncang Maluku Tengah

Pilih Item Fashion Monokrom

Contoh gaya fashion minimalist
Contoh gaya fashion minimalist/ foto: whowhatwear.co


Untuk menjadi fashion minimalist, hal lain yang perlu kamu tegaskan adalah kecenderungan untuk menggunakan item monokrom daripada colorful.

Singkirkan semua item fashion dengan warna yang sekiranya sulit untuk di padu padankan misalnya merah, hijau, kuning dan lainnya. Pilihlah warna outfit yang lebih netral seperti, hitam, putih, abu-abu, khaki, krem serta navy yang lebih untuk dipadupadan.

Walaupun terkesan berat, namun dengan menerapkan gaya minimalis ini akan membantu kita lebih bijak dalam berpakaian.

Kamu pun juga tidak perlu merasa takut akan dilanda kebosanan, karena warna-warna monokrom tersebut masih sangat mungkin untuk dipadu padankan satu sama lain dan tampil outstanding. Satu hal yang perlu kamu butuhkan adalah ketekunan dan konsistensi.

Baca Juga  Yusuf Wally Minta Pemkot Efektifkan Anggaran

Yuk, mulai biasakan diri jadi fashion minimalist dari sekarang dan rasakan manfaatnya!

(red/beautynesia)