Ini 10 Calon Peraih Sepatu Emas Eropa

oleh -60 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kompetisi liga di Eropa sudah memasuki fase terakhir. Beberapa pemain telah mencetak banyak gol dan mengumpulkan poin untuk meraih penghargaan Golden Boot atau Sepatu Emas. Striker Bayern Munchen Robert Lewandowski menjadi calon terkuat.

Liga Inggris, Jerman, dan Prancis sudah memastikan tim yang menjadi kampiun. Praktis laga di eropa hanya menyisakan 2 sampai 6 laga lagi.

Di penghujung musim, UEFA menganugerahkan pemain yang paling banyak mengumpulkan poin untuk diberi penghargaan Sepatu Emas. Poin tersebut diukur oleh jumlah gol yang dia cetak dan kontribusinya terhadap kesuksesan tim.

Selama 10 tahun terakhir, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mendominasi penghargaan Sepatu Emas. Hanya Luis Suarez yang sempat mengganggu dominasi kedua pemain tersebut.

Link Banner

Musim ini tampaknya akan menjadi berbeda. Lewandowski berada di urutan teratas dengan raihan 68 poin berkat 34 gol yang cetak untuk Munchen di Bundesliga. Jika berhasil, ini akan menjadi yang pertama kalinya bagi pemain Polandia itu.

Baca Juga  GARAP SULA 011, Gelar Kampanye Anti Plastik di Sanana

Striker Lazio Ciro Immobile dan bintang Juventus Cristiano Ronaldo menjadi penantang Lewandowski. Immobile berada di urutan kedua dengan capaian 58 poin dan 29 golnya. Sementara CR7 mencetak 28 gol dan mengumpulkan 56 poin.

Messi musim ini berada di urutan ke-7 dengan 44 poin dan 22 gol. Sepertinya terlalu jauh bagi La Pulga untuk turut dalam persaingan. Messi adalah pemain yang paling banyak meraih Sepatu Emas, yakni sebanyak 6 kali. Pemain Argentina itu telah meraih penghargaan tersebut selama tiga musim terakhir.

Kendati tidak masuk dalam persaingan Sepatu Emas Eropa, Messi adalah favorit untuk mendapat penghargaan El Pichichi (pencetak gol terbanyak di La Liga SPanyol). Messi bersaing dengan Karim Benzema yang sudah mencetak 18 gol untu Real Madrid.

Baca Juga  Gempa 4.6 Guncang Daruba

Berikut ini daftar 10 pemain yang masuk dalam nominasi peraih Sepatu Emas Eropa musim 2019/2020:
1. Robert Lewandowski, 34 goles, 68 puntos
2. Ciro Immobile, 29 gol dan 58 poin
3. Cristiano Ronaldo, 28 gol dan 56 poin
4. Timo Werner, 28 gol dan 56 poin
5. Erling Haaland, 29 gol dan 50 poin
6. Shon Weissman, 30 gol dan 45 poin
7. Leo Messi, 22 gol dan 44 poin
8. Jamie Vardy, 22 gol dan 44 poin
9. Romelu Lukaku, 20 gol dan 40 poin
10. Pierre-Emerick Aubameyang, 20 gol dan 40 poin

(red/rtm)