Ini 11 Strategi KKP dalam Pengelolaan Perikanan TCT

oleh -51 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Direktur Pengelolaan Sumber Daya ikan Kementerian Kelautan dan perikanan (KKP), Trian Yunanda mengungkapkan ada tiga aspek tujuan dari Rancangan Pengelolaan Perikanan Tuna, Cakalang dan Tongkol (RPP TCT). Ketiga aspek tersebut meliputi sumber daya, tata kelola dan persyaratan pasar.

Aspek sumber daya yaitu terwujudnya pengelolaan tuna dan cakalang serta ekosistemnya secara berkelanjutan.

Aspek tata kelola bertujuan meningkatkan kepatuhan terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan penangkapan tuna dan cakalang baik di tingkat regional maupun nasional.

Aspek persyaratan pasar, utamanya terpenuhinya persyaratan pasar untuk tuna dan cakalang.

“Apa yang ingin dikerjakan dalam RPP ini ada sebelas, yang pertama perbaikan data tuna bagaimana dari sistem data yang ada kita perbaiki, termasuk keterlibatan dari big data yang sedang dikerjakan, kemudian perbaikan sistem pendaftaran dan penandaan kapal tuna,” ujarnya dalam webinar RPP TCT, Rabu (30/9/2020).

Baca Juga  Rudenim Manado Deportasi 8 WNA Pakai Kapal Philipina Navy

Trian menyebutkan, selanjutnya terkait implementasi harvest strategy untuk tuna di Kepulauan, dimana harus ada hak kepengelolaan sekaligus keterbatasan dengan melakukan pengaturan yang competible.

“Ada persyaratan pasar TCT yang harus dibenahi, kemudian pengelolaan rumpon dan juvenil tuna yang saat ini rancangan sedang disusun, ada permasalahan ecologically related species dimana kita perlu semua jenis hiu yang ditangkap itu dilaporkan,” terangnya.

Lebih lanjut, Trian menjelaskan, pemanfaatan peluang penangkapan ikan tuna di Zona ekonomi Eksklusif (ZEE) dan laut lepas disinyalir belum optimal namun telah diatasi secara bertahap. Langkah selanjutnya yaitu pemberantasan IUU Fishing.

“Kita juga ingin ada mekanisme formal koordinasi stake holder perikanan TCT, kita berharap ada Komisi Tuna Indonesia yang kembali kita bisa bentuk untuk menguatkan secara formal disisi kelembagaan,” tandasnya.

Baca Juga  Pengangguran Terbuka di Maluku Bertambah 9.089 Orang

Trian menambahkan, langkah lainnya pengelolaan umpan hidup pada perikanan huhate khususnya, dimana juga masih bermasalah dan perlu pembahasan dengan pihak konservasi. Terakhir, strategi adaptasi pengurangan emisi karbon. (red)