Ini Alasan Mengapa Murtad Dihukum Berat

oleh -72 views

Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengungkap rahasia di balik kekerasan dalam menghadapi kemurtadan. “Sesungguhnya masyarakat Islam itu pertama kali tegak di atas akidah dan keimanan. Akidah merupakan asas identitasnya, pusat kehidupannya dan roh keberadaannya. Oleh karena itu tidak diperbolehkan bagi siapa pun untuk merusak asas tersebut atau mengusik identitas ini,” ujarnya.

Menurutnya, dari sinilah maka kemurtadan yang terang-terangan merupakan kejahatan yang terbesar dalam pandangan Islam. Karena hal itu bisa mengancam kepribadian masyarakat dan eksistensi kekuatannya.

“Mengancam terhadap kebutuhan utama dalam lima kebutuhan, yaitu agama, jiwa, keturunan, akal, dan harta, di mana agama adalah yang paling primer karena seorang mukmin itu berkorban dengan jiwa tanah air dan hartanya demi agama yang dipeluknya,” ujar Syaikh Yusuf Qardhawi dalam bukunya berjudul “Malaamihu Al Mujtama’ Al Muslim Alladzi Nasyuduh” dan diterjemahkan dalam edisi Bahasa Indonesia menjadi “Sistem Masyarakat Islam dalam Al Qur’an & Sunnah” (Citra Islami Press, 1997).

Baca Juga  Penjabat Wali Kota Lepas Kafilah Kota Ambon Ke MTQ-XXX Provinsi Maluku

Al-Qardhawi mengatakan Islam tidak memaksa seseorang untuk masuk ke dalamnya dan tidak juga memaksa seseorang untuk keluar dari agamanya, karena keimanan yang sah adalah keimanan (keyakinan) yang muncul dari pemilihan dan kesadaran.

No More Posts Available.

No more pages to load.