Ini Alasan Mengapa Murtad Dihukum Berat

oleh -73 views

Allah SWT berfirman dalam ayat Makkiyah, “Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya?” (QS Yunus : 99). Dan di dalam ayat Madaniyah Allah juga berfirman: “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar dari pada jalan yang sesat.” (QS Al Baqarah : 256)

“Tetapi Islam tidak menerima jika agama dijadikan sebagai bahan permainan. Hari ini ia masuk tetapi esok hari ia keluar,” terangnya. Seperti yang dilakukan oleh sebagian orang-orang Yahudi yang mengatakan:

“Perlihatkan (seolah-olah) kamu beriman kepada apa yang diturunkan kepada orang-orang beriman (sahabat-sahabat Muhammad) pada permulaan siang dan ingkarilah ia pada akhirnya, supaya mereka (orang-orang mukmin) kembali (kepada kekafiran).” (QS Ali ‘Imran : 72)

Baca Juga  Nanti Malam Arman Maulana Cs Unjuk "GIGI" di Lapangan Merdeka Ambon

Al-Qardhawi menjelaskan, Islam tidak memberikan hukuman mati kepada orang murtad yang tidak terang-terangan dalam kemurtadannya dan tidak mengajak kepada orang lain untuk murtad. Menyerahkan sepenuhnya kepada Allah yang akan menetapkan hukumannya di akhirat apabila nantinya ia mati dalam keadaan kufur’ sebagaimana firman Allah SWT:

“Barangsiapa yang murtad di antara kamu dari agamannya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.” (QS Al Baqarah: 217)

No More Posts Available.

No more pages to load.