Ini Alasan Mengapa Murtad Dihukum Berat

oleh -73 views

Kadang-kadang Islam memberikan hukuman kepadanya sebagai ta’zir (pengajaran) yang sesuai. Akan tetapi, kata al-Qardhawi, Islam menghukum orang yang murtad secara terang-terangan dan mempengaruhi orang lain untuk murtad. Hal itu demi memelihara identitas kepribadian masyarakat, asas-asas dan persatuannya. Tidak satu pun masyarakat di dunia ini kecuali ia memiliki prinsip-prinsip asasi yang tidak boleh seorang pun mengusiknya. Maka tidak diterima aktivitas apa pun untuk merubah identitas masyarakat atau mengalihkan loyalitas mereka kepada musuh-musuh, dan lain-lain.

Oleh karena itulah pengkhianatan terhadap tanah air, dan mendukung musuh-musuhnya yaitu dengan menampakkan rasa cinta pada mereka dan membuka rahasia (kaum Muslimin) di hadapan mereka merupakan dosa besar. Dan tidak seorangpun mengatakan bolehnya memberikan hak kepada seorang warga negara untuk mengubah loyalitasnya terhadap tanah airnya kepada siapa saja dan kapan saja ia menginginkan.

Baca Juga  6 Sikap agar Tidak Dipandang Sebelah Mata oleh Orang Lain

Perubahan Loyalitas

Al-Qardhawi mengatakan kemurtadan bukanlah sekadar sikap pemikiran’ tetapi ia juga merupakan perubahan wala’ (loyalitas), penggantian identitas dan perubahan komitmen, orang yang murtad telah memindahkan wala’nya dan komitmennya dari ummat kepada ummat yang lainnya dan dari tanah air ke tanah air lainnya, maksudnya dari darul Islam ke tempat yang lainnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.