Ini Alasan Pemprov Maluku Gelaran Pasar Murah

oleh -62 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon: Guna membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan jelang perayaan Natal 25 Desember 2019 dan tahun baru 2020, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku menggelar Pasar Murah di Kawasan Tugu Pattimura, Lapangan Merdeka Ambon.

“Hal ini, agar masyarakat Ambon terutama umat Kristiani dapat memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau, kemudian memberikan kesempatan kepada para distributor untuk berpartisipasi menyediakan bahan kebutuhan pokok dengan harga dibawah harga distributor,” Kepala Dinas Elvis Pattiselano, saat melaporkan persiapan dan pelaksanaan kegiatan pasar murah di Taman Pattimura Park Selasa (17/12).

Menurutnya, pelaksanaan pasar murah ini telah sesuai dengan surat dari Direktur Jenderal perdagangan dalam negeri Kementerian Perdagangan nomor 406/PDN.1/ST/10/2019 tanggal 27 Oktober 2019. Begitupun dengan
daftar pelaksanaan anggaran di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Maluku tahun 2019.

“Dan adanya arahan gubernur Maluku Murad Ismail dalam rangka pelaksanaan pasar murah menyambut Natal 2019,” ujar Pattiselano.

Baca Juga  Pelaku penipuan berkedok penerimaan Bintara Polri diringkus Polda Maluku di NTT

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan pasar murah, lanjut dia, dilaksanakan tanggal 17 Desember hingga 20 Desember 2019 di Taman Pattimura Park. Pada pasar mobile pun dilakukan oleh dinas Perindustrian dan Perdagangan Maluku dalam pelaksanaannya, di hari pertama berlangsung di Kecamatan Nusaniwe, Gunung Nona dan Dusun Seri. Pelaksanaan hari kedua, dilaksanakan di Kecamatan Teluk Ambon di Hatiwe Besar dan Tawar, pelaksanaan di hari ketiga di Desa Alang, Liliboy dan Hattu. Sementara hari keempat dilaksanakan di Benteng Karang, Toisapu dan Desa Waai.

“Metode ini, merupakan hasil evaluasi pelaksanaan dari kegiatan ini. Meskipun, dampaknya masih jauh dari harapan. Tahun depan, mungkin hanya akan dilakukan dua hari sedangkan sisanya kita lakukan secara mobile sehingga lebih bermanfaat,” ujar Selano.

Dijelaskan, pasar murah ini tak hanya dilakukan di Kota Ambon, melainkan dilakukan hampir di seluruh Kabupaten/Kota di Maluku, sejak awal Desember hingga menjelang perayaan Natal. Pasar ini, menjajakan berbagai bahan pokok pangan sepertinya telur ayam, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, susu kental manis, mie instan, mentega, beras dan beberapa kebutuhan pokok lainnya.

Baca Juga  Selain Bertambahnya Jumlah TPS, KPU Halsel Juga Membutuhkan APD Covid-19 Jelang Pilkada 2020

“Harga kebutuhan pokok pada pasar murah ini adalah harga distributor karena disubsidi pemerintah Maluku,” jelas Pattiselano. (shinta)