Ini Deretan Seleb yang Sempat Jadi ‘Buzzer’ RUU Ciptaker di Medsos

oleh -27 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Ciptaker) kembali menuai kontroversi. Kali ini, kontroversi terjadi akibat sejumlah publik figur tiba-tiba ikut menyuarakan tentang undang-undang yang masih dibahas di DPR.

Mereka secara serentak meramaikan jagat dunia maya dengan mengunggah konten dengan tagar #IndonesiaButuhKerja, di media sosial pribadi mereka masing-masing.

Beberapa publik figur dalam unggahannya meminta masyarakat mendukung RUU Ciptaker, yang merupakan solusi dari pemerintah untuk masalah ketenagakerjaan.

Alih-alih mendapat dukungan, publik justru menilai pemerintah sengaja bekerja sama dengan publik figur, dalam rangka memuluskan RUU Cipatker agar segera disahkan menjadi undang-undang.

Link Banner

Setelah mendapat banyak kritikan dari publik, akhirnya unggahan mereka terkait RUU Ciptaker dengan tagar #IndonesiaButuhKerja itu dihapus. Lalu siapa saja sih publik figur yang sempat ambil bagian dalam mendukung RUU itu?

1. Penyiar radio dan YouTuber Gofar Hilman

Ini Deretan Seleb yang Sempat Jadi 'Buzzer' RUU Ciptaker di Medsos
Instagram.com/pergijauh

Penyiar Radio sekaligus YouTuber Gofar Hilman sempat menyuarakan tagar #IndonesiaButuhKerja di media sosialnya. Namun, melalui akun Twitternya @pergijauh, Gofar mengklarifikasi bahwa saat mendapatkan tawaran tersebut, pihak yang mengajaknya kerja sama tidak menyebutkan mengenai RUU apapun.

“Dan apa yang gua sampaikan melalui video dan tulisan, tidak ada pernyataan bahwa gue mendukung atau pun mengecilkan salah satu pihak tertentu,” tulis Gofar, Jumat 14 Agustus 2020.

“Kesalahan dari gue dan tim, kita tidak melakukan riset yang lebih dalam lagi, sebelum dan sesudah menerima pekerjaan. Melalui tulisan ini, gua secara pribadi minta maaf, dan ke depannya gue dan tim akan lebih berhati-hati ketika menerima pekerjaan,” lanjut Gofar.

Baca Juga  Inpex Ungkap Alasan Hengkangnya Shell dari Blok Masela

2. Pedangdut Cita Citata

Ini Deretan Seleb yang Sempat Jadi 'Buzzer' RUU Ciptaker di Medsos
instagram.com/cita_citata/

Pedangdut Cita Citata melalui akun Intagram pribadinya @cita_citata juga ikut menyuarakan hal serupa. Ia menilai RUU Ciptaker bakal memberikan dampak positif bagi masyarakat di tengah pandemik COVID-19.

“Aku dengar pemerintah sedang menggodok payung hukum untuk menanggulangi masalah ini, namanya RUU Cipta Kerja. Menurutku ini suatu hal yang sangat positif, karena bertujuan untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Yuk, mari sama-sama kita bersatu di masa sulit ini untuk memperingan dampak dari pandemik, dengan terus menebarkan aura positif untuk Indonesia yang lebih baik,” tulis Cita Citata.

3. Pedangdut Inul Daratista

Ini Deretan Seleb yang Sempat Jadi 'Buzzer' RUU Ciptaker di Medsos
Instagram.com/inul_d

Senada dengan Gofar dan Cita Citata, pedangdut Inul Daratista juga mendukung agar RUU Ciptaker bisa segera disahkan DPR dan pemerintah. Dia menilai RUU tersebut nantinya mendorong kesempatan investasi dan terciptanya lapangan pekerjaan.

“Di situasi seperti ini aku menaruh harapan besar sama DPR dan pemerintah yang sedang menggodok RUU Cipta Kerja. Katanya, kalau udah disahkan nanti RUU ini bakal bisa mendorong kesempatan investasi yang lebih besar, dan penciptaan lapangan kerja yang lebih luas,” tulis Inul di akun medsosnya.

Baca Juga  Diduga Korupsi Dana Desa, Kades Buruakol & Ketua BPD Dipolisikan

3. Musisi Ardhito Pramono

Ini Deretan Seleb yang Sempat Jadi 'Buzzer' RUU Ciptaker di Medsos
Instagram.com/ardhitopramono

Musisi Ardhito Pramono melalui akun Twitternya, @ardhitoprmn, juga meminta maaf atas unggahannya terkait konten #IndonesiaButuhKerja. Lewat tweet-nya, ia mengaku menerima brief dan bayaran untuk ikut kampanye #IndonesiaButuhKerja.

“Betul bahwa saya menerima brief untuk ikut dalam kampanye #IndonesiaButuhKerja dan menerima bayaran,” tulis Ardhito, Jumat 14 Agustus 2020. “Seperti kerja sama saya dengan sebuah brand,” lanjut dia.

Menurut Ardhito, ia menerima tawaran untuk mengunggah konten itu karena tidak tahu dan bukan karena tidak empati.

“Atas ketidaktahuan dan seakan seperti nirempati kepada mereka yang sedang memperjuangkan penolakan terhadap RUU ini, saya mohon maaf,” tulis dia.

Pelantun Bitterlove ini juga mengaku sejak awal mempertanyakan hubungan konten tersebut dengan Omnibus Law, dan juga apakah ada kepentingan politik tertentu dari unggahan tersebut. Karena merasa dirinya tidak memahami politik dan berprofesi sebagai musisi, sehingga tidak ingin digiring ke ranah yang ia tidak pahami.

“Ke depan saya akan berusaha lebih berhati-hati dan peduli,” kata Ardhito.

Ardhito mengaku telah mengembalikan uang yang diterimanya sebagai bayaran, untuk mengunggah #IndonesiaButuhKerja.

“Atas permintaan maaf ini hari ini saya sudah meminta publicist saya untuk mengembalikan pembayaran yang saya terima dari memposting #indonesiabutuhkerja,” tulis dia.

Baca Juga  Dua Gempa Beruntun Guncang Jailolo Pagi ini

Adhito menambahkan, pihaknya hanya mengatakan unggahan #IndonesiaButuhKerja hanya bertujuan untuk membuat tenang di tengah pandemik, karena akan ada lapangan pekerjaan nantinya.

4. Ada 21 publik figur yang sempat mendukung RUU Ciptaker

Ini Deretan Seleb yang Sempat Jadi 'Buzzer' RUU Ciptaker di Medsos
Aksi unjuk rasa KSPI menolak pembahasan Omnibus Law RUU CIptaker di depan Gedung DPR, Senin (3/8/2020) (Dok. IDN Times/KSPI)

Tagar #IndonesiaButuhKerja yang digaungkan sejumlah publik figur itu sempat menjadi sorotan, setelah akun Twitter @kamalbukankemal atau Kamal merilis daftar seleb yang dianggap secara blak-blakan mendukung RUU Cipta Kerja.

“Daftar selebritis tanah air yang blak-blakan mendukung RUU Cipta Kerja. Mohon tuk terus mengawasi,” cuitnya seperti dikutip IDN Times.

Pada daftar tersebut, Kamal juga mengunggah tangkapan layar dari sejumlah akun para seleb. Dari tangkapan layar itu terlihat para artis kompak mengunggah tagar #IndonesiaButuhKerja. Total, ada 21 publik figur yang menyuarakan tagar tersebut, di antaranya Gofar Hilman, Inul Daratista, Cita Citata, Valentino “Jebret” Simanjuntak, Rigen Rakelna, dan Boris Bokir.

Ada pula Aruan Marsha, Kim Jeffrey Kurniawan, Gisella Anastasia, Gading Marten, Siti Badriah, Gritte Agatha, Fitri Tropica, Gita Bhebhita, Caesar Gunawan, Zahwa Aqilah, Ismed Sofyan, Ardhito Pramono, Adhe Giovani, Alain Goenawan, Tiyo Adji, Aisya Fabien, dan Aditya Fadila (red/idntimes).