Ini Dia Tujuh Tuntutan Pasien Covid-19 yang Menjalani Karantina di Sahid Bella Hotel Ternate

oleh -325 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Puluhan pasien positif Covid-19 yang tengah menjalani karantina di Sahid Bella Hotel, Ternate menggelar aksi protes.

Para pasien mempertanyakan hasil uji spesimen mereka yang memakan waktu hingga berbulan-bulan ketika mengikuti senam, pagi tadi pukul 08.54 WIT, Senin (22/6/2020).

Berikut tubuh tuntutan para pasien positif Covid-19 yang dibacakan oleh salah seorang pasien karantina berinisial MTA (38) tahun ketika aksi pagi tadi:

  1. Kami mempertanyakan hasil Rekam Medis kami, sesuai apa yang diamanatkan UU Pasal 52 UU Praktik Kedokteran.
  2. Kami tidak yakin dengan hasil swab yang dikeluarkan, karena sebagian besar dari kami sudah melewati masa inkubasi diatas 21 hari s/d 3 Bulan dan tidak menampakkan gejala gejala memburuk, Menurut WHO, Masa inkubasi atau waktu antara terinfeksi virus dan mulai memiliki gejala penyakit. berkisar antara 1-14 hari, paling umum sekitar lima hari.
  3. Kami mempertanyakan kejanggalan hasil pemeriksaan, kenapa ada yang ditulis hanya menggunakan pena, waktu dipertanyakan penjelasan yang kami dapatkan, katanya sedang diperiksa dimanado padahal setelah hasilnya keluar ternyata hasil sampel diperiksa di RSU ternate, serta tanggal yang memuat hasil pemeriksaan berbeda dengan fakta yang sebenarnya dll, kenapa bisa seperti itu ?
  4. Standar pelayanan yang kami dapatkan tidak sesuai dengan petunjuk teknis menteri kesehatan nomor : K.01.07/MENKES/238/2020.
  5. Kami mempertanyakan alasan kami ditahan disini, jika alasan kami masih ditahan ditempat karantina ini karena hasil tes swab kami masih positif, hal ini harus dipertanyakan, karena kami semua telah melewati masa inkubasi, kami meminta pemerintah agar mendatangkan ahli dari WHO maupun kemenkes agar dapat melakukan penelitian tentang hal ini.
  6. Kami mempertanyakan, setelah melawati masa karantina yang begitu lama, dan ternyata masih banyak pasien karantina yang terkonfirmasi positif juga, berarti sterilisasi lingkungan hotel tempat karantina harus dipertanyakan, karena darimana lagi kami terpapar ? sedangkan kami tidak pernah berkontak dengan pihak luar
  7. Kami Minta untuk untuk dikeluarkan dari tempat karantina.
Baca Juga  PPSWPA-SALAM Tual Gelar Diklatsar Bagi Generasi Muda Kei

Demikian poin tuntutan kami, harapan kami, para pihak yang berkompeten bisa memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya dan mengabulkan tuntutan kami ini, sebelum kami melakukan aksi yang lebih besar lagi.

Ternate, Senin 22 Juni 2020

PASIEN KARANTINA HOTEL SAHID BELA

(red)