Ini Penjelasan dr Ifan Terkait Cegah Dini HIV/AIDS

oleh -197 views
Link Banner

Porostimur.com, Sanana – Pengidap infeksi HIV/AIDS di Kabupaten Kepulauan Sula dihimbau agar melakukan deteksi dini sehingga dapat diketahui dan dipantau perkembangannya dari waktu ke waktu.

Hal ini disampaikan spesial interna dr. Ifan Sangaji, SP. PD, kepada jurnalis porostimur.com, Jumat (2/12/2022) di Sanana.

Ifan bilang, karena pasien HIV akan lebih baik terdeteksi secara dini, sehingga dapat ditolong lebih awal sebelum menjadi parah.

“Kalau sudah terdeteksi secara dini dan ditangani dari awal InsyaAllah kondisi pasien akan jauh lebih baik, bisa seperti orang normal yang tidak mengidap HIV/AIDS,” ujarnya.

Terkait langkah pencegahan dini kata Ifan perlu dilakukan penyuluhan kepada masyarakat agar masyarakat punya pemahaman tentang HIV/AIDS.

“Kemudian perlu juga mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat dan tidak gonta ganti pasangan. Kalau memang berhubungan intim, harus pakai kondom, gunakan jarum suntik yang steril dan perilaku beresiko lain,” ujarnya.

Ifan juga menjelaskan bahwa HIV/AIDS tidak menular lewat barpegang tangan, berpelukan atau tidur bersama.

“Mereka punya piring bekas makan atau gelas yang mereka gunakan, keringat saat olahraga bersama dengan mereka juga tidak menyebabkan penularan,” tukas Ifan.

“HIV ini menular melalui cairan yang ada di dalam darah kemudian menular lewat cairan yang ada di vagina dan rektum itu kemudian, atau ada luka terbuka,” pungkasnya. (Jems)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.