Ini Resep Gus Dur Redam Kerusuhan di Papua, Jokowi Tirulah

oleh -48 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Papua masih membara. Aksi anarkistis massa masih berlanjut sebagai buntut dari dugaan tindakan rasialis di Surabaya dan Malang, keduanya di Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Kamis (29/8) kemarin, kerusuhan kembali pecah di Jayapura. Massa dikabarkan membakar kantor Majelis Rakyat Papua (MRP), kantor Telkom, lembaga permasyarakatan (lapas), Polsek Jayapura Selatan, serta pusat bisnis dan Kantor Bea Cukai.

Listrik padam dan telekomunikasi terputus. Warga bahkan mengungsi dan berlindung di instalasi militer.

Oleh karena itu, diperlukan pendekatan ‘hati ke hati’ untuk meluluhkan massa yang terlanjur panas.

Link Banner

Komisioner Ombudsman Republik Indonesia, Ahmad Suaedy, menyarankan agar Presiden Joko Widodo meniru pendekatan yang dilakukan oleh Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Baca Juga  Kapolres Rosita Umasugi & FKUB Malteng Imbau Warga Taati Protokol Kesehatan

Pendekatan Gus Dur dalam mengatasi Papua adalah lewat kepala adat dan kepala suku setempat, serta gereja. Karena, mereka sangat dihargai oleh warganya sehingga nasihat dan perintahnya akan ditaati.

“Perlu dipertemukan antara kepala adat, kepala suku, kemudian gereja. Kita tidak bisa menutupi kenyataan bahwa masyarakat Papua sangat percaya itu. Sangat percaya kepala suku, kepala adat, dan gereja. Mereka yang bisa menyelesaikan,” ujarnya, seperti dikutip dari VIVAnews, Jumat, 30 Agustus 2019.

Ahmad melanjutkan, pemicu yang memunculkan sentimen rasialis di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur, harus segera ditindak dan diadili.

Proses peradilan yang adil dan terbuka akan mencegah masyarakat bertindak melawan hukum.

Baca Juga  Spanduk HUT RI Jangan Pakai Gambar Jokowi, Jika Terlanjur Turunkan, Diganti Gambar Lain

Ia berpendapat, sebenarnya jika pemerintah turun langsung ke Papua, mendengar langsung mengenai permasalahan yang terjadi di sana, maka masalah akan selesai. (RTL/red/VIVAnews)