Inilah 5 Kebajikan yang Harus Disegerakan dalam Islam

oleh -17 views

Dalam Islam, ada beberapa kebajikan yang harus disegerakan dan dilarang ditunda-tunda. Setidaknya ada lima kebajikan yang merupakan sunnah Rasulullah SAW tersebut. Apa saja kebajikan tersebut?

Ustadz Nofriyanto Abu Kayyisa Al-Minangkabawy dalam Kultum Ramadan-nya menjelaskan, bahwa Ulama Murtadha Az-Zabiidi dalam kitabnya Takhrij Ahadits Ihya’ Ulumiddin juz 2 halaman 928 menukil dari Hatim al-Asham,

اَلْعَجَلَةُ مِنَ الشَّيْطَانِ إِلَّا فِي خَمْسَةٍ فَإِنَّهَا مِنْ سُنَّةِ رَسُوْلِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – إِطْعَامُ الطَّعَامِ وَتَجْهِيْزُ الْمَيِّتِ وَتَزْوِيْجُ الْبِكْرِ وَقَضَاءِ الدَّيْنِ وَالتَّوْبَةُ مِنَ الذَّنْبِ

“Tergesa-gesa itu merupakan perbuatan setan, kecuali bersegera dalam lima hal yang merupakan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam; Pertama, menghidangkan makanan. Kedua, menguburkan jenazah. Ketiga, menikahkan anak gadis. Keempat, melunasi hutang. Kelima, bertobat dari dosa dan kesalahan.”

Link Banner

Riwayat di atas mengandung larangan dan anjuran . Larangan tergesa-gesa dan anjuran untuk bersegera. Melaksanakan kebajikan yang harus disegerakan.

Baca Juga  Gunung Ruang Erupsi, Lion Air Batalkan Penerbangan Dari dan Ke Manado

Berikut beberapa kebajikan yang harus disegerakan tersebut, yang dijelaskan Ustaz Nofriyanto, di antaranya:

1. Menyiapkan Hidangan Bagi Tamu

Menjaga perasaan saudara muslim yang lain merupakan ajaran Islam yang senantiasa ditanamkan baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Ini adalah Kebajikan yang harus disegerakan.

No More Posts Available.

No more pages to load.